Highlight

BANGUN KOMUNIKASI POTENSIAL DENGAN ATRAKSI INTERPERSONAL


Perasaan atau penilaian terhadap orang lain mempengaruhi bagaimana suatu hubungan atau proses komunikasi berjalan. Karena perasaan itu selalu bersifat subjektif dimana satu orang dengan orang lain tentu saja berbeda. Perasaan atau penilaian yang positif terhadap orang lain maka akan berefek terhadap jalinan komunikasi yang positif pula bahkan bisa mengarah pada produktivitas.
Perasaan atau penilaian terhadap orang lain dikenal dengan istilah atraksi interpersonal. Secara harfiah atraksi interpersonal diartikan sebagai kecenderungan untuk menilai seseorang atau suatu kelompok secara positif untuk mendekatinya dan untuk berperilaku secara positif padanya. Penilaian terhadap orang lain akan mempengaruhi bagaimana sikap kita kepadanya.
Jika kita senantiasa menilai orang lain positif maka kita senantiasa melihat kebaikan yang ada padanya maka apapun yang terlihat pada orang tersebut semua nya akan tampak baik dan keburukan yang ada pada dirinya nyaris tidak tampak sama sekali. Sebaliknya jika kita menilai orang lain negatif maka apapun yang terlihat darinya juga hal yang tidak baik walaupun sebenarnya yang dia lakukan adalah suatu kebaikan.
Atraksi interpersonal di era millennial seperti sekarang ini sangatlah diperlukan agar kehidupan sekarang semakin lebih dinamis dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu negative karena telah diawali dengan penilaian yang positif terhadap orang lian. Jika atraksi interpersonal ini mampu untuk dibentuk maka komunikasi yang dijalankan akan menjadi lebih produktif.
Sudah saatnya rasa cinta dan kasih sayang dipupuk dan rasa kebencian dihindarkan agar dunia berjalan penuh kedamaian. Dan salah satu diantarnya adalah dengan memunculkan atraksi interpersonal dimana suatu hubungan dilandaskan pada rasa ketertarikan dan senantiasa menghindari ancaman atau hukuman. Sungguh indahnya hidup ini bila sesama kita saling mencintai komunikasi dilakukan hanya dengan hati hingga akhirnya menjadi penyemangat dalam meningkatkan produktivitas yang lebih tinggi.