Kementerian PANRB Apresiasi Mal Pelayanan Publik yang Tetap Buka di Tengah Pandemi Covid-19
Mewabahnya Covid-19, berdampak pada sistem kerja birokrasi pemerintahan, termasuk pada pelayanan publik. Sejumlah Mal Pelayanan Publik (MPP) telah menutup layanan tatap muka dan beralih ke pelayanan daring atau online, antara lain MPP Sidoarjo, MPP Badung, dan MPP Banyuwangi.
Kementerian
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)
mengapresiasi komitmen mereka yang tetap memberikan pelayanan terbaik
untuk masyarakat. “Di dalam masa pandemi Covid-19, dengan tantangan yang
ada mungkin muncul ide-ide kreatif atau inovasi baru sehingga pelayanan
dapat dilaksanakan dengan baik,” ungkap Deputi bidang Pelayanan Publik
Kementerian PANRB Diah Natalisa, dalam video conference terkait sharing session
MPP dalam memberikan layanan di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan
bersama sembilan perwakilan MPP di Wilayah II, Rabu (22/04).
Sembilan MPP di Wilayah II yang mengikuti sharing session
tersebut yakni MPP Provinsi DKI Jakarta, MPP Kota Surabaya, MPP
Kabupaten Banyuwangi, MPP Kota Denpasar, MPP Kabupaten Karangasem, MPP
Kabupaten Badung, MPP Kabupaten Sidoarjo, MPP Kabupaten Probolinggo, dan
MPP Kota Samarinda. Sebagai salah satu penyelenggara pelayanan publik
di daerah penyokong perekonomian, kondisi MPP Sidoarjo saat ini sangat
berbeda dibandingkan sebelum adanya wabah Covid-19. Sebelumnya, MPP
Sidoarjo sudah bergabung dengan 24 instansi dan terdapat 177 jenis
layanan dengan rata-rata pengunjung yang datang perhari sebanyak 500
hingga 600 orang.
Sejak
pandemi Covid-19, upaya pencegahan Covid-19 terus dilakukan oleh MPP
Sidoarjo. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
(DPMPTSP) Kabupaten Sidoarjo Ari Suryono mengatakan sebelumnya MPP
Sidoarjo melayani pengunjung dengan pembatasan kuota dengan menyerahkan
kepada masing-masing instansi terkait agar tidak terjadi penumpukan
antrean. Namun setelah dilakukan evaluasi, MPP Sidoarjo menutup
pelayanan tatap muka dan meminta instansi yang bergabung di MPP Sidoarjo
untuk melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan publik. “Dalam
memberikan pelayanan izin, rapat sudah ditiadakan dan untuk SK kami
berikan secara online,” jelasnya.
Lebih
lanjut disampaikan, pelayanan dilakukan melalui pemanfaatan aplikasi
SIPADU dan SICAT. Ari menambahkan bahwa imbauan pelayanan full online telah disampaikan melalui media massa dan media online.
“Tidak perlu melakukan tatap muka, izin-izin tersebut akan dikirim
melalui sistem dan melalui akun sehingga mereka tidak perlu hadir untuk
mengambilnya,” imbuhnya.
Dalam
kesempatan yang sama, Kepala DPMPTSP Kabupaten Badung I Made Agus
Aryawan melaporkan bahwa layanan tatap muka di MPP Badung telah
ditiadakan dan diganti dengan aplikasi secara online. Untuk layanan konsultasi, MPP Badung telah mengembangkan inovasi berupa konsultasi secara online.
“Kami sudah menyiapkan sebuah aplikasi pelayanan publik.go.id untuk
konsultasi baik itu gambar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan pengecekan
untuk tata ruang dan sudah dilengkapi tanda tangan elektronik,”
jelasnya.
Selain
itu, MPP Badung juga telah membuat aplikasi khusus untuh seluruh anggota
MPP yakni pelayanan publik badungkab.go.id dimana semua fitur pelayanan
digabungkan dalam website. Kondisi yang sama juga diterapkan
oleh MPP Banyuwangi yang menggunakan istilah pelayanan publik secara
terbatas dengan menggunakan pelayanan secara daring seperti Smart
Kampung dan helpdesk.
Secara umum, MPP di Wilayah II telah menerapkan protokol kesehatan penanganan Covid-19 seperti menyediakan hand sanitizer,
pengaturan jarak tempat duduk, menyediakan tempat cuci tangan,
pembatasan jam pelayanan, pengecekan suhu tubuh, dan mewajibkan
penggunaan masker. Pada penutupan video conference tersebut,
Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan
Publik Wilayah II Kementerian PANRB Jeffrey Erlan Muller, berpesan bahwa
MPP yang merupakan salah satu garda terdepan dalam pelayanan juga tetap
harus memprioritaskan kesehatan para ASN yang tetap bekerja di tengah
pandemi corona saat ini.
SUMBER menpan.go.id/
SUMBER menpan.go.id/