Highlight

PADA MASALAH KITA DAPATKAN KUNCI UNTUK BERBENAH


Setiap orang hidup pasti ada masalah, dan tak ada satu orangpun yang dalam hidupnya terlepas dari masalah. Jika masalah terjadi dalam hidupmu tak perlu kau menyikapinya dengan emosi ataupun lari dari masalah, karena lari dari masalah tidak berarti masalah tersebut selesai yang ada malah memperparah suasana. Masing-masing orang memiliki cara berbeda dalam menyikapi masalahnya dan seharusnya masalah yang datang mampu membuat kita petik hikmah dan pelajaran darinya.
Kita tak mungkin menghindar dari masalah yang ada, tetapi kita harus menghadapinya dengan hati dan pikiran yang terbuka luas dan tentunya jangan utamakan emosi dalam penyelesainnya. Bersyukurlah jika kita hidup memiliki masalah asalkan kita jangan buat masalah, ingatlah bahwa tak ada sesuatupun yang Allah ciptakan sia-sia dimuka bumi ini ataupun membuat kita lebih menderita. Selalu berpikir positif dalam menyikapi apapun yang terjadi agar hidup semakin tertata dengan rapi.
Banyak orang yang menderita penyakit mental dan mereka berawal dari masalah yang dijumpai dalam hidupnya. Mereka berkondisi demikian karena salah dalam menyikapi permasalahan yang dijumpai, seharusnya ketika mereka mampu menyelaraskan hati, pikiran dan logika maka penyakit mental akan mampu mereka hindari. Akan tetapi yang terjadi sebaliknya mereka hanya menggunakan pikiran-pikiran negatifnya dan cenderung menyalahkan diri atas permasalahan yang terjadi sehingga larut dalam pikiran yang dibuatnya tersebut sehingga mengakibatkan mereka berpenyakit mental.
Marilah hindarkan penyakit mental yang sekarang menjangkit di era millenial ini, dengan berpegang teguh pada keimanan dan ukir terus pikiran positif setiap saat. Setiap masalah yang datang coba pikirkan bahwa apa sebab dan penyebab dari masalah yang datang, tak hanya terus menyalahkan diri atau bahkan menyalahkan orang lain. Bersyukurlah ketika masalah datang menghinggapi dan terus berbenahlah agar masalah yang sama tidak kita jumpai lagi. Mulai sekarang tak perlu masalah yang ada memperkeruh hidupmu, hadapi masalah yang ada anggap itu sebagai kunci kita untuk terus berbenah agar dikehidupan mendatang kita tak akan salah langkah.
Oleh NUR CHASANAH, S.Psi.