Highlight

PANIK MENGHAMBAT BERPERILAKU CANTIK


Berita yang berkembang belakangan ini tentunya memberi efek yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. Secara otomatis kondisi fisik maupun psikis pasti terpengaruh dengan kondisi yang ada. Pikiran perilaku semua tertuju pada satu nama “corona”. Nama yang sekilas indah didengar akan tetapi efeknya sungguh sangat dasyat bagi masyarakat dunia. Karenanya semua sektor dibuat lumpuh tak berdaya, padahal secara bentuk tak terlihat secara jelas bila tanpa alat bantu. Sungguh itulah kedasyatan mikroba bernama corona yang mampu membuat orang merana dimana-mana.
Banyak orang dibuatnya menjadi panik, cemas bahkan mungkin sampai depresi. Karena setiap hari mulai bangun sampai tidur lagi selalu saja dihantui dengan pemberitaan media terkait dengan corona. Virus corona yang sekarang ini booming seharusnya tak perlu kita sikapi dengan panik, takut maupun cemas. Kita hanya perlu menyikapinya biasa saja tak perlu dipikir berlebihan. Karena ingat apapun yang kita pikirkan itulah yang akan terjadi.
Sama halnya ketika kita panik otomatis kondisi psikis kita juga akan terpengaruh hingga akhirnya menghambat kita dalam beraktivitas. Sebagai gambaran kepanikan akan kondisi ini adalah kita sibuk mencari-cari berita apapun yang terkait dengan corona alasannya untuk meningkatkan kewaspadaan diri hingga akhirnya enggan untuk melakukan aktivitas yang lain. Jika ini terjadi maka sungguh amat merugilah diri kita.
Sekarang ini yang perlu kita lakukan adalah teruslah beraktivitas seperti biasnya dengan tak lupa emosi positif kita tanamkan dalam diri agar tak menghambat untuk tetap produktif. Panik sendiri merupakan kondisi yang tergolong ke dalam gangguan kecemasan yang ditandai dengan terjadinya serangan panik secara tiba-tiba, kapan dan di mana saja, serta dialami berulang-ulang. Pada kondisi normal, tiap orang dapat mengalami kecemasan pada waktu tertentu sebagai bentuk respons alami tubuh dalam menghadapi stres atau situasi yang mengancam jiwa seperti halnya dalam situasi yang terjadi seperti sekarang ini.
Untuk itu senantiasalah tetap jaga suasana hati dan pikiran jangan mudah terbawa dengan kondisi yang ada diluar agar penampilan cantik dan menarik mampu kita tampilkan setiap detik.Kelola pikiran yang ada agar terhindar dari sikap panik dan cemas. Adapun cara yang dapat dilakukan adalah dengan:
1.    Berdamai dengan situasi yang ada
2.    Belajar mengenali pernafasan
3.    Kenali setiap emosi yang muncul terutama emosi negative.
4.    Melakukan relaksasi
5.    Banyak belajar tentang kepanikan dan kecemasan
Mulai sekarang stop panik!!. Ganti dengan mengingat-ingat semua hal yang menarik. Agar kita tetap mampu berperilaku cantic dan menghasilkan perilaku yang cantic setiap detik. Masih banyak hal indah untuk kita kenang disetiap langkah, jika sekarang ada wabah anggaplah bahwa itu hanyalah sebuah mimpi buruk yang akan segera berakhir manakala kita terbangun.
oleh NUR CHASANAH, S.Psi