Highlight

Khawatirkan Masa Pandemi, Lady Angelita Lega dengan Protokol Kesehatan di Lokasi SKD Dikdin

Humas BKN, Sedikitnya 968 peserta akan mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pendidikan Kedinasan (Dikdin) calon Taruna/i Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Minggu (26/7/2020) hingga Kamis (30/7/2020), di Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Kabupaten Tangerang, Banten.

Salah satunya Lady Angelita Parirak Tandiasik, Peserta asal Kota Jayapura, Provinsi Papua, mengikuti SKD di PPI Curug. Melamar jurusan D-IV Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK), Lady, sapaan akrabnya, berharap dapat diterima menjadi taruna di sekolah kedinasan Kemenhub. “Ayah saya bekerja sebagai Nautica di Kementerian Perhubungan, itu menjadi alasan saya kenapa memilih sekolah kedinasan Kemenhub,” ucapnya, setelah selesai mengikuti tes SKD, Minggu (26/7/2020).
Lebih dari itu, Lady, yang awalnya harap-harap cemas dengan pelaksanaan SKD di tengah pandemi Covid-19 mengaku lega dengan kondisi riil di lokasi tes. “Panitia SKD sekolah kedinasan PPI Curug sangat memperhatikan protokol kesehatan, sejak dari awal peserta datang hingga selesai melakukan tes. Kami, menjadi tenang dan dapat fokus mengikuti tes. Terima kasih,” pungkasnya.
Di saat yang sama, disinggung tentang kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang perhubungan, Kepala Sub Bagian Administrasi PPI Curug Kemenhub Ajeng Miranti Putri mengatakan saat ini Kemenhub tetap berkomitmen untuk menyiapkan bibit unggul SDM yang nantinya akan mengelola aspek perhubungan di Indonesia, salah satunya melalui sekolah kedinasan. “Kami optimistis pada penyelenggaran kali ini, sekolah kedinasan Kemenhub akan mendapatkan calon siswa Taruna/i yang memiliki kompetensi, integritas, dan wawasan yang baik,” ungkap Ajeng.
Ajeng menambahkan, peserta yang mengikuti ujian di lokasi PPI Curug berasal dari berbagai jenis formasi yang disediakan. “Karena lokasi tes disesuaikan dengan domisili peserta, jadi peserta yang akan mengikuti SKD di PPI Curug berasal dari berbagai jenis formasi. Mulai dari Udara, Darat, dan Laut,” terang Ajeng.
Senada dengan hal itu, Tim Seleksi Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN), yang bertugas di lokasi, Abdul Haris Nasution mengungkapkan rasa optimisme yang tinggi seleksi berbasis CAT BKN dapat menyaring putra-putri terbaik bangsa untuk masuk menjadi calon Taruna/i di Kementerian Perhubungan. “Standar fasilitas seleksi yang disiapkan Pemerintah, khususnya PPI Curug, sangat bagus. Peserta cukup mampu berkonsentrasi terhadap soal yang diujikan, tanpa harus direpotkan dengan hal non-teknis lainnya,” ucapnya. “Apresiasi diberikan kepada seluruh panitia yang terlibat pada SKD sekolah kedinasan titik lokasi PPI Curug,” tutupnya.
sumber bkn.go.id