Highlight

Makan Kimchi Lindungi Corona, Benarkah?

Virus corona hingga kini masih menjadi masalah besar di berbagai negara di belahan dunia. Bukan menurun justru jumlah korban akibat virus ini semakin bertambah.
Lalu, apa anda sudah mengetahui bahwa sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah virus corona masuk dalam tubuh kita. Banyak sumber menyatakan bahwa mengonsumsi kimchi di masa pandemi seperti ini menjadi pilihan alternatif untuk meningkatkan imunitas tubuh. Apakar hal itu benar? Berikut ulasannya:
Kimchi dapat menurunkan kadar ACE2
Kimchi merupakan makanan asal Korea yang terbuat dari sayuran yang telah difermentasi.  Selain mengandung antioksidan yang tinggi, kol yang difermentasi membantu menurunkan kadar ACE2. Bagi orang awam, ACE2 adalah enzim yang digunakan oleh virus COVID-19 untuk memasuki paru-paru.
Satu di antara manfaat mengonsumsi kimchi adalah meningkatkan sistem imunitas. Dengan imunitas terjaga, kira bisa melindungi diri dari kemungkinan terinfeksi virus corona Covid-19. Jenis sayuran yang dijadikan kimchi bisa berbagai macam dan dapat disesuaikan dengan selera. Namun, yang mayoritas dipilih adalah sawi putih dan lobak.
Kimchi berkalori rendah, berserat tinggi, dan mengandung banyak vitamin, antara lain vitamin A, vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (riboflavin), kalsium, dan zat besi. Dilansir dari Dokter Sehat pada Selasa (21/7/2020), kimchi juga mengandung asam laktat yang bisa membunuh bakteri-bakteri serta virus yang membahayakan tubuh.
Selain itu ternyata kimchi mengandung vitamin C yang banyak dan memiliki sifat antioksidan alami. Sifat antioksidan yang ada dalam kimchi berperan melindungi sel-sel yang ada dalam tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
Kimchi membuat daya tahan tubuh menjadi kebal
Makanan khas Korea ini ternyata juga membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai penyakit, seperti flu, radang, dan lainnya. Hal tersebut karena kimchi mengandung bakteri baik hasil dari fermentasi sayuran yang terjadi pada proses pengolahannya.
Maka dariitu, mengonsumsi kimchi membantu tubuh memproduksi sejumlah protein, termasuk kolagen yang dibutuhkan oleh kulit tetap sehat, kenyal, dan lentur. Protein yang dihasilkan dari mengonsumsi kimchi juga berperan penting untuk membentuk sekaligus menjaga ligamen, tendon, dan pembuluh darah.
sumber rri.co.id