Highlight

Program Kartu Prakerja Resmi Dihentikan

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menghentikan seluruh transaksi dan penjualan paket pelatihan yang disediakan delapan mitra program prakerja.   Keputusan ini tertuang dalam surat Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja nomor S-148/Dir-Eks/06/2020/. Surat itu ditandatangani oleh Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari pada 30 Juni 2020.
Dalam surat tertulis bahwa keputusan itu berlaku sejak pemberitahuan ditandatangani, seperti dikutip Tempo. Surat juga ditujukan kepada delapan mitra program prakerja, yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, Pijar Mahir, Pintaria, SekolahMu, Sisnaker, Skill Academy by RuangGuru, dan Tokopedia.
Denni menuliskan, pihaknya mengevaluasi pelaksanaan pelatihan yang diselenggarakan Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja. Evaluasi itu menghasilkan empat poin yang menjadi dasar penghentian penjualan paket pelatihan.
Sebelumnya diberitakan rri.co.id,  pemerintah  secara resmi telah membuka Pendaftaran Program Kartu Prakerja pada 11 April 2020 lalu. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id.
Program Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat wabah pandemi global Coronavirus (Covid-19).
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dalam keterangannya mengatakan, Kartu Prakerja diharapkan mampu meningkatkan kompetensi, produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta dapat meringankan biaya hidup akibat pandemi Covid-19.
sumber rri.co.id