Highlight

Covid-19, Bagaimana Cara Jitu Menghindari Klaster Keluarga?

 Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan bahwa ada 6 persen dari pasien yang dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta berasal dari klaster keluarga.

Hal itu disampaikan Doni Monardo, Ketua Satgas COVID-19 usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (28/9/2020).

"Ada 6 persen (pasien) yang  dirawat di wisma atlet ternyata positif covid padahal mereka relatif tidak beraktivitas keluar rumah. Artinya yang menulari adalah orang-orang terdekat di keluarga itu. Media pengantarnya adalah saudara-saudara kita," katanya dalam keterangan.

Menurut Doni, kondisi tersebut akhirnya memberikan gambaran bahwa orang-orang terdekat pada akhirnya bukan jaminan aman dari Covid-19. Bahkan, bisa saja salah satu anggota keluarga tidak sengaja membawa virus corona ke dalam rumah.

"Saya ulangi lagi yang menulari adalah orang-orang terdekat yang ada di sekitar kita. Sehingga kita satu sama lainnya harus saling menjaga, harus saling melindungi, saling mengingatkan untuk patuh kepada protokol kesehatan," kata Doni.

Apa sebenarnya klaster keluarga?

Klaster keluarga terjadi saat salah seorang anggota keluarga terinfeksi virus kemudian ia menularkan kepada anggota keluarga lainnya. Sehingga penularan corona dapat terjadi walaupun di dalam rumah.

Satgas Covid-19 mencatat hingga 25 September 2020 jumlah kasus aktif Covid-19 mencapai 60.431 kasus. Dari hasil tracing Kementerian Kesehatan, jumlah klaster sudah mencapai lebih dari 1100 klaster dan sebagian adalah klaster keluarga. 

"Di kementerian kami sejak April sudah me-launching program Berjarak, Bersama Jaga Keluarga Kita. Dalam mencegah klaster keluarga sedapat mungkin menghindari pertemuan fisik bersama keluarga besar, kalaupun harus dilakukan bisa dilakukan secara daring," kata Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspa Yoga dalam dialog bersama Juru Bicara Satgas Covid-19 dr Reisa yang disiarkan kanal Sekretariat Presiden, Jumat (25/9/2020). 

Dokter Reisa sendiri membagikan tips agar kita terhindar dari penularan klaster keluarga, berikut tipsnya:

1. Pahami benar cara penularan covid-19

2. Ikuti protokol kesehatan termasuk protokol kedatangan

3. Ketahui kondisi kesehatan setiap anggota keluarga di rumah, termasuk jika ada yang sakit wajib menggunakan masker

4. Pastikan gizi seimbang dan jangan lupa olahraga rutin bersama

5. Ciptakan suasana tenang di rumah dan jauhi sumber kepanikan