Highlight

Kelompok Prioritas Ini Segera Dapat Vaksin Covid-19

 Pemerintah memperkirakan vaksin virus corona rencananya akan didistribusikan mulai Januari 2021 mendatang. Proses pendistribusian vaksin akan dilakukan dalam lima tahap.

Pemerintah telah menetapkan lima kelompok prioritas yang akan mendapatkan vaksin virus corona pada 2021 dengan jumlah sasaran 102,45 juta orang.

Berikut lima kelompok prioritas tersebut seperti dikutip dokumen presentasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) yang dipaparkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto:

1. Garda terdepan dalam menangani covid-19. Total orang yang menjadi sasaran pemberian vaksin sebanyak 1.31 juta orang.

2. Orang yang memiliki kontak erat dengan pasien corona. Total orang yang menjadi sasaran pemberian vaksin sebanyak 50 ribu orang.

3. Orang yang bertugas pada bidang pelayanan publik dengan total sasaran sebanyak 715 ribu orang. Distribusi vaksinnya akan terbagi dalam empat tahap. Tahap pertama untuk 344 ribu, kedua 94 ribum ketiga 159 ribu dan keempat 118 ribu.

4. Masyarakat umum dengan sasaran jumlah 92.28 juta orang. Distribusinya akan terbagi dalam 5 tahap.

a. Tahap pertama: 10 ribu orang

b. Tahap kedua: 3 ribu orang

c. Tahap ketiga: 3.03 juta orang

d. Tahap keempat: 2.57 juta orang

e. Tahap kelima: 86.66 juta orang

5. Tenaga pendidik, ASN, dan lembaga legislatif sebanyak 3.72 juta orang

Pemberian vaksin dilakukan di berbagai tempat dan akan dilaksanakan di faskes pemerintah dan swasta. Pemerintah juga akan membagikan dua dosis vaksin per orang dengan jarak 14 hari.

Untuk diketahui, pemerintah mempersiapkan dana sebesar Rp 3 triliun untuk program vaksinasi corona. Sedangkan tahun 2021, pemerintah mempersiapkan dana sebesar Rp 18 triliun dari APBN.

Saat ini, pemerintah tengah mempersiapkan Peraturan Presiden (Perpres) hingga dashboard (pedoman) terkait vaksinasi virus Corona. Selain itu, pemerintah juga mempersiapkan roadmap (peta) program vaksinasi.