Demak Raih Penghargaan Terbaik Tata Kelola Pelayanan Publik Tingkat Nasional
Demak – Meraih prestasi yang membanggakan di tengah pandemi Covid-19
saat ini merupakan kebanggan tersendiri bagi kabupaten Demak. Ditengah
menyebarnya Virus Korona tidak menyurutkan semangat pemerintah Kabupaten
Demak untuk mengukir prestasi dalam inovasi pelayanan publik.
Hal
ini dibuktikan dengan diserahkanya piagam penghargaan kepada Pemerintah
Kabupaten Demak yang menjadi juara l pada Pengelolaan Sistem Pengaduan
Pelayanan publik Terbaik. Piagam dan piala yang diberikan pada kategori
Instansi Pemerintah Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik
Sebagai Pemenang Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik tahun
2020.
Penghargaan dari kemenpan RB tersebut diserahkan oleh Prof.
Amzulian Rifai, S.H., LL.M., Ph.D. ketua ombudsman dan diterima Sekda
Demak Singgih Setyono di Gedung Tribrata Kebayoran Baru, Jakarta
Selatan, Rabu (25/11/20) pada acara Awarding Top Inovasi Pelayanan
Publik, Inovasi Penanganann Covid-19 dan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan
Publik Terbaik Tahun 2020.
Menteri PANRB Tjahjo Kumolo dalam
laporanya mengungkapkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dan
dorongan motivasi bagi penyelenggara pelayanan publik yang memiliki
prestasi di bidang pengelolaan pengaduan pelayanan publik dan inovasi
pelayanan publik. Tujuan dari penghargaan ini yaitu untuk memberikan
informasi dan mempromosikan berbagai terobosan yang dilakukan oleh
penyelenggara pelayanan publik. Terobosan yang dilakukan, juga memberi
kemudahan bagi publik menyalurkan aspirasi dan pengaduan pelayanan
publik dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan.
Sementara Wakil
Presiden Ma’ruf Amin dalam Sambutanya mengatakan, salah satu
keberhasilan reformasi birokrasi adalah pelayanan publik. Ini merupakan
moment yang sangat penting seperti diketahui visi misi presiden yaitu
birokrasi yang baik, clear government and clean government. Ini menjadi
suatu pokok untuk mewujudkan pemerintah yang baik. Dalam konteks ini
maka pelayanan publik akan menunjukkan pemerintah yang bersih dan baik.
Prestasi Membanggakan
Seusai
menerima penghargaan Sekda Demak Singgih Setiyono menyampaikan bahwa
penghargaan tersebut sangat berarti untuk kabupaten Demak. ” Dan kita
sudah melakukan yang terbaik untuk masyarakat dan masyarakat ternyata
menerima dan mendapatkan manfaat yang luar biasa, terbukti dengan
pengakuan penghargaan yang telah kita dapat” Terang Singgih.
Pihaknya
berharap ditahun yang akan datang Demak akan mendapatkan lebih banyak
lagi penghargaan dari OPD lainya yang mempunyai tupoksi langsung kepada
pelayanan masyarakat dimana akan membuat masyarakat lebih puas terhadap
pelayanan dari pemkab Demak.
Sementara Ketua Tim Pengelola pengaduan
pelayanan publik kabupaten Demak Endah Cahyarini juga mengucapkan rasa
syukur dan terima kasih atas keberhasilan yang diterima. “Terima kasih
kepada semua tim yang tetap solid dan konsisten, Ini merupakan prestasi
yang luar biasa, meskipun di tengah kondisi Covid-19 saat ini tetapi
semangat untuk memberikan pelayanan publik yang terbaik untuk masyarakat
Demak tidak pernah surut. Dengan keberhasilan yang diraih Pemkab Demak
ini akan menjadi motivasi untuk kedepannya untuk terus melakukan
inovasi- inovasi pelayanan publik yang lebih baik”, pungkas Endah.