Highlight

Seminar Rancangan Aktualisasi Diklat LATSAR CPNS angkatan 72&73 kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Demak dengan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah tahun 2022

 Demak, 06 Juni 2022 hari Senin Pukul 08.00 WIB Bertempat di BKPP Kabupaten Demak dilaksanakan acara Seminar Rancangan Aktualisasi Diklat Latsar CPNS Angkatan 72 dan 73 kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Demak dengan BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Sebanyak 80 orang peserta dari Pemerintah Kabupaten Demak telah melaksanakan Seminar Rancangan Aktualisasi secara virtual.  

 Agenda Rancangan Aktualisasi pada latihan dasar (Latsar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil adalah sebuah kompetensi yang harus dikuasai oleh CPNS setelah mengikuti serangkaian mata diklat mulai dari agenda orientasi, sikap dan perilaku bela negara,  nilai-nilai dasar, kedudukan dan peran PNS dalam negeri dan habituasi. Sebagai Sebuah kompetensi  yang haris dikuasai oleh peserta Latsar CPNS, maka agenda Rancangan Aktualusasi ini akan melatih seorang CPNS untuk menemu kenali berbagai issue-issue aktual yang menjadi permasalahan dalam lingkup kerjanya dengan menggunakan pisau analisis sederhana seperti metode USG ( Urgency, Strength , Growth) dan APKL ( Aktual, Problematik, Khalayak dan Layak ) dan mencarikan solusi pemecahan masalah dalam meningkatkan mutu pelayanan publik yang diselenggarakan oleh unit kerja atau organisasi tempat CPNS tersebut bertugas Keseluran rangkaian pelaksanaan rancangan Aktualisasi sampai pada pelaksanaan Aktualisasi kegiatan penyelesaian issue tersebut haruslah menekankan prinsip nilai dasar seorang Aparatur Sipil negara yaitu akuntabilitas, nasionalime, etika publik, komitmen mutu dan anti korupsi ( ANEKA) sehinga hasil Aktualusasi tersebut mampu meningkatkan mutu layanan publik dan meningkatkan kepuasan masyarakat. Indikator Keberhasilan dari sebuah Rancangan Aktualusasi menjadi Kegiatan Aktualisasi terletak pada kemampuan menemukan issue strategis, pemecahan masalah yang kreatif, inovatif dan susteinable yang dilandasi oleh nilai-nilai dasar ASN sehingga mampu meningkatkan mutu pelayanan publik dan citra organisasi.

Seminar aktualisasi merupakan bagian dari salah satu evaluasi Pelatihan Dasar CPNS. Pada evaluasi tersebut terdapat indikator penilaian diantaranya adalah kualitas penetapan isu, jumlah rencana kegiatan, kualitas rencana kegiatan, relevansi rencana kegiatan dengan aktualisasi, dan teknik komunikasi. Sebagai informasi, setelah peserta latsar melaksanakan seminar rancangan aktualisasi maka tahap selanjutnya yaitu habituasi di tempat kerja masing-masing selama 30 hari. Pada tahap ini nantinya setiap peserta mengimplementasikan rancangan aktualisasinya. Memasuki masa habituasi dari hasil Rancangan Aktualisasi yang telah diseminarkan di hadapan penguji dengan didampingi oleh coach dan mentor masing-masing. Hasil implementasi aktualisasi (habituasi) akan kembali diseminarkan di depan penguji, coach dan mentor pada akhir kegiatan pelatihan.

(bkpp korpri)