Highlight

PERAN STRATEGIS PNS DALAM MEMPERTAHANKAN PERSATUAN BANGSA


Surabaya – Humas Kanreg II BKN,  Menjadi Pegawai Negeri sipil (PNS) merupakan sebuah kehormatan besar bagi kita untuk turut andil dalam mempersatukan dan memajukan bangsa. Untuk itu, integritas dan profesionalitas merupakan komponen penting yang harus diterapkan oleh seorang PNS. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana di Ruang Rapat BKN Regional II Surabaya pada Kamis, (27/01/2020) dalam acara Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil saat melantik 6 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2018.
Prosesi pengambilan sumpah PNS Kantor regional II BKN Surabaya TA 2018. foto: doc.humaskanreg
Lebih lanjut Kepala BKN menyampaikan harapannya pada para PNS yang dilantik. “Dengan bersikap netral merupakan salah satu cara PNS sebagai bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk dapat mempersatukan bangsa,” tegas Kepala BKN dalam arahannya. Bima menjelaskan bahwa sikap netral diperlukan dalam memberikan pelayanan publik,  bekerja, dan lainnya. “Dengan bersikap netral, masyarakat bisa memberikan kepercayaan pada PNS. Semoga kita semua dapat bekerja dan menjalankan fungsi ASN dengan baik dan menjadi teladan serta pemersatu di lingkungan masyarakat,” tambahnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Regional (Kanreg) BKN II Surabaya, Tauchid Djatmiko mengungkapkan, “Pelantikan PNS ini sebagai regenerasi di lingkungan kerja Kanreg II Surabaya. Bertambahnya sumber daya manusia (SDM) millenial ini, diharapkan dapat memberikan ide baru yang membawa perubahan positif dalam manajemen PNS,” jelasnya.
Pada hari yang sama, Kepala BKN menyempatkan juga meninjau titik lokasi (Tilok) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya dan  Kementerian Pertanian di Ruang CAT Kanreg II BKN Surabaya. Kepala BKN dan  Kepala Kanreg II BKN Surabaya sepakat dalam mewujudkan netralitas ASN salah satunya dimulai dari seleksi CPNS yang transparan menggunakan sistem Computer Assisted Test CAT BKN. “Transparansi hasil seleksi ditampilkan langsung secara real time merupakan kelebihan dari sistem seleksi CPNS menggunakan CAT BKN. CAT BKN ini bahkan telah mendapat berbagai penghargaan,” tutupnya.
Kepala BKN menyempatkan juga meninjau Tilok SKD Calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Foto: Humaskanreg
Pelantikan PNS formasi 2018 BKN Regional II Surabaya melantik 6 formasi jabatan, diantaranya: 1 Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama, 2 Pranata Komputer Ahli Pertama, 1 Analis Keuangan, 1 Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Ahli Pertama, dan 1 Analis Perencanaan.
Sumber: bkn.go.id