Highlight

UJI KESEHATAN JIWA CPNS YANG AKAN DIANGKAT KE PNS

Demak, 6 Maret 2020 Hari Jum'at Pukul 08.00 WIB Bertempat di RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak.


Salah satu syarat bagi CPNS yang akan diangkat ke PNS adalah sehat jasmani dan rohani. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin maju, terdapat instrumen pengujian kesehatan jiwa yang disebut MMPI. 
MMPI merupakan singkatan dari Minnesota Multiphasic Personality Inventor, ialah suatu psikotes kepribadian yang paling banyak digunakan di belahan dunia. PsikoTes ini merupakan hasil kolaborasi dari seorang psikolog dan psikiater bernama Starke R Hathaway PhD dan Dr JC McKinley, yang keduanya berasal dari Universitas Minnesota.
Saat ini model tes yang dipakai di Indonesia adalah Psikometri MMPI 2, Yang diukur dalam tes MMPI adalah ciri-ciri kepribadian yang bersifat relatif menetap (personality Traits). Dengan demikian nilai prediktif dari tes ini cukup tinggi, karena fokusnya adalah ciri-ciri kepribadian, yang dalam jangka waktu yang lama tidak akan berubah banyak.
MMPI mampu menunjukan kecenderungan eksistensi gejala- gejala psikopatologi yang bisa muncul apabila seseorang sedang mengalami tekanan dalam pekerjaannya. Hal-hal yang dapat dinilai dalam psikotes MMPI antara lain gejala depresi, kepercayaan terhadap orang lain, kecurigaan dan sensitivitas, skizofrenia, hypochondriacs, kecemasan, keragu-raguan,dan pikiran obsesif. Untuk penggunaan di kalangan pelajar, tes ini dapat memprediksikan kecenderungan adanya perilaku berbahaya, seperti penggunaan zat seperti alkohol dan kecenderungan kebergantungan terhadap sesuatu zat.