Highlight

BERPEGANGLAH PADA KONSISTENSI UNTUK MERAIH PUNCAK TERTINGGI



Konsistensi adalah kata yang singkat sekaligus mudah diucapkan akan tetapi bagi sebagian orang sulit untuk dilakukan walaupun. Marilah bersama-sama kita mencerna apa sebenarnya makna konsistensi itu?konsistensi sendiri merupakan sikap "istiqomah" dalam istilah arabnya yaitu melakukan sesuatu hal secara terus menerus baik diawal,ditengah hingga sampai pada tujuan akhir dengan semangat yang sama,artinya bahwa tak sekedar hangat-hangat tahi ayam ketika didepan semangat tak mudah padam tetapi dihari semangat itu mulai tenggelam.

Membangun konsistensi memang dibutuhkan niat dan semangat yang mendalam,kita seringnya mengalami dengan semangat tapo ditengah-tengah perjalanan kita sering lengah karena mungkij faktor dari dalam diri ataupun support dari luar yang kurang. Konsistensi ini akan mampu terbangun ketika diawal kita sudah menerapkan motiv yang pasti terhadap tujuan yang kita rencanakan selain itu support dari lingkungan sekitar juga sangatlah dibutuhkan.

Banyak kasus didunia organisasi,pendidikan, medis ataupun yang lainnya mengalami kegalalan karena pelakunya tidak ada konsistensi dalam melakukan. Hal tersebut misalnya didunia pendidikan kita mentarget lulus cumloude tapi dalam proses pembelajaran kita hanya bersemangat diawal dan ditengah-tengah kita tidak mau mengikuti aturan yang ada akhirnya tujuan untuk lulus cumloude hanya sekedar diangan-angan belaka. Contoh dibidang medis misalnya seorang pasien kanker dia harus menjalani pengobatan tahap demi tahap yang telah ditentukan oleh dokter akan tetapi ditengah-tengah dia mulai merasa bosan hingga akhirnya dia pun gagal menjalani program tersebut dan akhirnya nyawanya tak tertolong.

Dua contoh diatas adalah peristiwa dimana konsistensi tidak dapat dijalankan hingga akhirnyapun akan berakibat fatal.Untuk itu jangan remehkan konsistensi jika kau ingin meraih puncak tertinggi.Bangunlah konsistensi yang dimulai dari niatan dalam hati disertai dengan sikap yang pasti. Berpegang teguhlah pada konsistensi agar tujuan yang telah diterapkan terwujud dengan pasti.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi