Highlight

Kemenperin Dorong Pengembangan Kendaraan AMMdes Perangi Covid-19

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong agar PT. Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI) aktif mengembangkan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) yang bisa dimanfaatkan di berbagai daerah sesuai kebutuhan saat ini. 
Demikian menurut keterangan tertulis yang disampaikan  Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindsutrian (Kemenperin) dalam keterangan tertulisnya. Pihaknya akan berkontribusi membantu pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran wabah pandemi global Coronavirus (Covid-19) di Indonesia. 
"Kami sangat mengharapkan AMMDes-KMW dapat menyediakan beragam kemudahan bagi masyarakat pedesaan, termasuk ikut berperan dalam percepatan penanganan Covid-19 di tanah air," kata Putu Juli Ardika kepada wartawan di Jakarta, Minggu (19/4/2020).
Menurut Putu, pihaknya  memberikan apresiasi kepada KMWI selaku produsen AMMDes karena telah berhasil merancang AMMDes Water Tank sebagai fasilitas penyemprot cairan disinfektan untuk penanganan penyebaran Covid-19.
Putu menjelaskan unit ini dilengkapi  dengan tangki berkapasitas 600 liter. AMMDes Water Tank mampu menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau dengan kendaraan besar untuk melakukan penyemprotan disinfektan.
Dirinya menambahkan keunggulan AMMDes yang menggunakan teknologi  “Differential Lock” alias penggunaan ban yang bisa disesuaikan dengan kontur medan yang akan dilalui. Dengan demikian AMMDes diyakini tidak akan selip ketika berada di jalan ekstrim dengan infrastruktur minim (terbatas).
“Meski demikian, dalam pengoperasian unit AMMDes untuk disinfektan kami mengimbau dan terus mengingatkan agar dilakukan secara efektif, efisien dan memberi manfaat maksimal,” jelasnya.
Penyemprotan juga dapat dilakukan di tempat tertentu yang beresiko tinggi namun masih dilewati atau masih dimanfaatkan masyarakat. Selanjutnya tidak membuang-buang disinfektan, tidak membahayakan orang maupun operator.
Kegiatan penyemprotan berpedoman pada protokol penanggulangan penyebaran Covid-19 dengan selalu berkonsultasi atau berkoordinasi dengan pihak berwenang.
sumber http://rri.co.id