Highlight

TINGKATKAN TEAM WORK TEPIS SOSIAL LOAFING




Manusia terlahir sebagai makhluk monodualisme.Artinya bahwa dia sebagai makhluk sosial sekaligus makhluk individu.Dari pengertian tersebut sudah semestinya mampu untuk memfungsikan diri sebagai makhluk sosial terkadang juga sebagai makhluk individu.

Fungsi sebagai makhluk sosial terlihat dari peranannya dimasyarakat luas termasuk didalamnya juga pada tempat kerja.Karena disana ditemui banyak orang dan memiliki tujuan satu tetapi dalam pencapaiannya harus dilakukan secara kelompok.

Terkait dengan pencapaian tujuan kelompok maka disini dibutihkan team working yang tinggi dan kunci dari team work adalah kebersamaan dan rasa saling percaya.Dengan team working yang tinggi sudah dapat dipastikan tujuan kelompok mudah untuk terealisasi.

Akan tetapi dalam kelompok terdiri dari berbagai macam orang dan mereka memiliki pemikiran yang berbeda.Terkadang dari mereka ada yang beranggapan bahwa ketika dalam lingkup kehidupan sosial akan lebih baik jika suatu pekerjaan dilakukan oleh orang lain.Dan orang semacam ini berpikiran selalu menghindar dari pekerjaan yang sudah dilakukan oleh banyak orang serta merasa hasil dari pekerjaan tersebut akan menjadi lebih baik.

Kondisi diatas dikenal dengan konsep sosial loafing. Sebenarnya sosial loafing itu sendiri mampu kita hempaskan manakala kita bisa meningkatkan teamworking.Ubah mindset bahwa tak ada pekerjaan individu yang ada hanyalah pekerjaan yang harus dilakukan bersama-sama selalu. Karena dengan bersama pekerjaan akan menjadi ringan dan tak ada beban dirasa.

Dengan prinsip kebersamaan serta kepercayaan diri dari masing-masing anggota kelompok atau organisai maka teamworking akan menjadi sarana yang penting hingga akhirnya mampu menghempaskan sosial loafing yang hanya mampu membuat suasana ditempat kerja bagaikan orang yang terasing.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi