Highlight

Ingin Fit Berpuasa, Konsumsi Telur Saat Sahur


Bagi sebagian orang, selera makan di saat sahur memang menjadi berkurang. Namun untuk menjaga kondisi tubuh agar fit saat menjalankan puasa, makan sahur tentu sangat disarankan, bahkan dengan memilih menu bergizi.
Salah satu olahan yang baik saat makan sahur adalah olahan telur. Dikutip dari halodoc, berikut manfaat mengkonsumsi olahan telur saat sahur.
Pertama karean telur mengandung nutrisi yang lengkap. Dalam satu butir, telur mengandung vitamin A, vitamin B5, vitamin B12, vitamin K, vitamin D, vitamin E, kalsium, zinc, asam amino, fosfor, selenium, omega 3, serta folat.
Kemudian telur dapat menjaga berat badan. Dimana menjaga berat badan selama bulan puasa merupakan hal yang sulit dilakukan. Hal itu karena kandungan asam amino yang ada dalam telur. Selain itu, telur juga mengandung kolesterol baik yang bermanfaat bagi tubuh. Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah telur menjadi bahan yang mudah diolah.
Lalu telur juga membuat rasa kenyang yang lebih lama. Meski tidak terlalu memiliki kandungan serat yang tinggi, telur adalah salah satu bahan makanan yang punya skor satiety index tinggi. Dengan begitu, mengonsumsi telur saat sahur dapat membuat kamu kenyang lebih lama selama berpuasa.
Telur juga tinggi protein dan asam amino, yang diperlukan tubuh untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu memperbaiki sel-sel tubuh dan membuat proses pengubahan makanan menjadi energi meningkat. Hasilnya, tubuh jadi tidak mudah lemas saat berpuasa.
Selanjutnya telur juga mampu mengurangi rasa lelah. Sebab kandungan asam lemak omega 3, vitamin B, dan iodium dalam telur ternyata mampu mengurangi rasa lelah, letih, dan lesu akibat terlalu padatnya aktivitas yang dilakukan.
Kemudian telur juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain mengandung lemak, kuning telur juga mengandung seng dan selenium, yang merupakan mineral penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Terakhir telur juga dapat mengurangi rasa kembung.
sumber rri.co.id