Highlight

Pesan Menkeu Saat Lantik 3 Pejabat Eselon II: Mitigasi Dampak COVID-19 Sesuai Kewenangan


Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik tiga orang pejabat Eselon II di lingkungan Kementerian Keuangan secara virtual pada Selasa siang (19/05). 
Menkeu mengakui bahwa pelantikan ini adalah suatu momen yang sangat tidak biasa di dalam sejarah Republik Indonesia karena dilakukan pada masa pandemik COVID-19 dan sebagai pejabat negara harus terus melakukan upaya-upaya dalam kewenangannya untuk mengurangi atau memitigasi risiko dampak COVID-19.
“Saya berharap di dalam jajaran BKF, di mana Saudara Ayu hari ini akan bergabung sebagai Sekretaris Badan, bisa menyiapkan diri menjadi sebuah Badan yang secara tepat dan cepat dan efektif menjalankan dan merumuskan kebijakan-kebijakan fiskal dalam merespon tantangan yang sangat luar biasa ini,” pesan Menkeu kepada pejabat terlantik, Ayu Sukorini, yang diangkat sebagai Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal.
Banyak tantangan yang muncul pada saat pelaksanaan di lapangan mulai dari masalah data, koordinasi dan implementasi, hingga akuntabilitas menjadi perhatian khusus Menkeu. Untuk itu, Menkeu berharap seluruh jajaran untuk mendukung seluruh Gugus Tugas maupun berbagai unit baik di pusat dan daerah yang melaksanakan tugas mengurangi dan terus menurunkan penularan COVID-19.
Kepada Dwi Larso dan Wisnu Sardjono Soenarso yang dilantik sebagai Direktur Beasiswa dan Direktur Fasilitas Riset dan Rehabilitasi pada Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Menkeu berpesan agar hubungan antara Kemenkeu dengan lembaga-lembaga dalam kepengurusan LPDP bisa semakin ditingkatkan.
Selain itu, Menkeu juga berharap agar perumusan kebijakan beasiswa dan bidang riset bisa terus diperbaiki dengan menggunakan pengalaman saat ini, dimana wabah COVID-19 mengubah banyak hal mulai dari cara bekerja, belajar, dan juga cara untuk memberikan dukungan beasiswa kepada generasi muda.
"Saya berharap LPDP terus meningkatkan kemampuan di dalam berinovasi dalam pengelolaan dana abadi ini sehingga efektivitas dan manfaatnya bisa betul-betul dilihat dan dirasakan masyarakat," ujar Menkeu.
Menkeu menutup sambutannya dengan berpesan kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini untuk menjadikan upacara pengambilan sumpah sebagai suatu refleksi dan awal melaksanakan tugas dengan kemampuan untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.
"Selamat bekerja, selamat mengemban amanah, dan terus menjaga sumpah jabatan yang telah anda ucapkan," pungkas Menkeu.
sumber www.kemenkeu.go.id