Highlight

CORONA MEMBATASI RUANG GERAK BUKAN MEMBATASI BERSIKAP BIJAK



Jika saat ini corona menjadi tokoh utama dunia dan disana-sini meneriakkan berita tentangnya itu karena dia benar-benar memberi efek yang amat dasyat bagi sendi-sendi kehidupan  manusia.Qodarullah jenis amuba yang sangat kecil yang tak tampak dengan mata telanjang tapi mampu melumpuhkan segala sektor kehidupan.

Corona yang sampai detik ini belum diketemukan vaksin pastinya membuat orang banyak menjadi tergunjang baik fisik maupun jiwanya.Karena makhluk teramat kecil ini benar-benar mengalahkan senjata yang berkaliber besar sekali tembak akan banyak nyawa yang menjadi incarannya.

Karena dasyatnya efek yang dimunculkannya membuat pemerintah membatasi ruang gerak kita dengan himbauan untuk tetap dirumah saja menjaga perilaku hidup bersih dan senantiasa psysical distancing.Lantas ketika kita dibatasi ruang gerak apakah kita dibatasi untuk bersikap bijak?Tentu saja jawabannya tidak.

Justru ketika kondisi genting seperti inilah saatnya sangat penting untuk bersikap bijak.Disaat semua orang berteriak karena keganasan virus disaat semua orang terkena dampak yang sungguh amat luar biasa ini sehingga hampir mematikan sendi perekonomian masyarakat agar kondisi tidak semakin krisis maka sudah seharusnya sikap bijak kita hadirkan.

Bijak dan baik sangatlah memiliki korelasi yang positif jadi intinya ketika kondisi genting kita semua diharapkan untuk senantiasa menebarkan kebaikan dimana-mana.Kebaikan disini bisa berupa ajakan imbauan ataupun aksi pasti untuk mencegah virus agar tidak semakin meluas ataupun membantu sesama yang terkena imbas dari adanya virus ini.

Ruang gerak boleh terbatas tapi aktivitas yang bermanfaat untuk kemaslahatan umat harus tetap dijalankan tanpa batas. Walaupun mungkin kita tak harus terjun langsung tapi minimal kita mampu untuk menyebarkan kabar baik membantu membuat situasi lebih kondusif dan perbuatan nyata lainnya yang penting mampu bermanfaat bagi semesta.

Sosial media mungkin bisa menjadi salah alat kita untuk bersikap bijak karena disana kita mampu untuk menebar virus kebaikan meredam berita hoax dan meningkatkan berita positif. Intinya jangan karena corona lantas kita jadikan alasan untuk berdiam diri tak melakukan apapun yang berarti.Kalau begini lantas tugasmu sebagai umat yang bermanfaat bagi sesamamu dimana?.

Untuk itu bersegeralah walaupun sekarang kita ikuti anjuran pemerintah dengan tetap dirumah aja kita tetap mampu ambil bagian agar kehidupan ini tetap berjalan dengan indah. Bersikap bijak tak terbatas ruang dan waktu melainkan tergantung dari niatan ikhlas dari hati yang luas.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi