Highlight

FOKUSLAH PADA TUJUAN ATAU BERHENTI MELAKUKAN


Setiap aktivitas memiliki tujuan pasti, dan setiap tujuan harus kita lakukan dengan fokus. Jangan pernah melakukan apapun jika kita tidak fokus, karena sudah dapat dipastikan hasilnya tidak akan maksimal sesuai dengan apa yang direncanakan. Aktitas yang kita lakukan seperti halnya mengemudikan kendaraan ketika dalam berkendara kita fokus maka perjalanan kita akan selamat akan tetapi sebalikanya jika dalam berkendara kita kurang fokus maka yang terjadi adalah kecelakaan yang tidak kita inginkan.
Tujuan pastinya ditetapkan di awal agar hasilnya tidak menjadi asal-asal, dengan adanya tujuan di awal kita bisa merencanakan apapun yang kita butuhkan sehingga kitapun akan mawas diri terhadap apapun yang terjadi.  Perencaan itu bisa berupa materi maupun non materi sehingga ketika ketika ada kekurangan di tengah jalan kita akan mampu mengantisipasi. Fokus pada tujuan mengajarkan kita untuk memberikan perhatian lebih terhadap apapun yang kita lakukan, tak hanya memikirkan hasil tapi setiap proses dan tahapan yang ada didalamnya.
Tujuan ditetapkan di awal tetapi hasilnya kita nikmati diakhir, sebagian besar dari kita sulit untuk merumuskan tujuan dalam setiap aktivitas yang kita lakukan, hal tersebut sama halnya ketika kita menentukan tema ketika akan menulis. Akan tetapi ketika tujuan maupun tema sudah mampu kita rumuskan di awal maka dalam perjalannya akan lancar dan saat perjalanan itulah kita dituntut untuk fokus. Untuk itu ketika kita menginginkan tujuan kita tercapai maka fokuslah,  jika tidak bisa fokus akan lebih baik kita berhenti agar hasilnya tidak menyesakkan hati.
Fokus pada tujuan
Akan menghasilkan kenyamanan
Kenyamanan dalam melakukan tindakan
Menghindarkan dari aral yang melintang dijalan
Dan hasilnyapun akan sesuai dengan yang diharapkan.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi