Highlight

Kementerian PANRB Mendengar, Upaya Wujudkan Manajemen SDM Efektif dan Efisien Pada Tatanan Normal Baru



Ketika birokrasi masih berbenah menghadapi disrupsi revolusi industri 4.0, kini dihadapkan pada tantangan pandemi Covid-19 yang telah memasuki tatanan normal baru. Dibutuhkan adaptasi yang cepat untuk mewujudkan sistem kerja dan manajemen SDM yang efektif dan efisien agar kinerja birokrasi tidak terganggu selama masa pandemi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sebagai perumus kebijakan terkait manajemen SDM ASN pun dituntut untuk melahirkan kebijakan yang aktual dan relevan dengan situasi saat ini.
Webinar Kementerian PANRB Mendengar akan digelar dengan menghadirkan berbagai stakeholder kunci sebagai upaya untuk menyerap masukan terhadap kebijakan. Dibuka oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, kegiatan ini mengangkat tema “Birokrasi di Era Disrupsi dan Tatanan Normal Baru: Mewujudkan Sistem Kerja dan Manajemen SDM yang Efektif, Efisien, Transparan, dan Akuntabel Berbasis IT”. Webinar Kementerian PANRB Mendengar akan diselenggarakan Senin, 22 Juni 2020 pukul 14.00 WIB.
Dipandu oleh Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji, acara ini akan menghadirkan empat narasumber dengan latar belakang yang berbeda. Hal ini sejalan dengan makna ‘mendengar’ yang sejatinya dilakukan dari setiap pihak yang terlibat agar membuka wawasan serta pengetahuan bagi seluruh jajaran Kementerian PANRB.
Dari sisi akademisi, kegiatan ini akan diisi oleh guru besar dan dekan dari Universitas Indonesia (UI). Rhenald Kasali yang merupakan Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, akan membahas terkait “Manajemen Birokrasi pada Era Disrupsi dan Tatanan Normal Baru”. Sedangkan Dekan Fakultas Ilmu Administrasi UI Eko Prasojo, akan mengulik pelayanan publik dengan materi bertema “Inovasi Sektor Publik pada Era Disrupsi dan Tatanan Normal Baru”.
Di sisi pemerintahan, webinar ini akan menghadirkan Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni. Di sesi ini, Alex akan membahas materi dengan tema “Perspektif Sumber Daya Manusia Strategis pada Era Disrupsi dan Tatanan Normal Baru” yang juga akan berbagi pengalaman terkait penyesuaian sistem kerja dalam menyongsong new normal di instansinya.
Tidak hanya itu, dari sisi swasta, kegiatan ini juga menghadirkan Direktur SDM Blue Bird Group Pambudi Sunarsihanto. Pambudi akan menyampaikan materi bertema “Penguatan SDM dan Teknologi Informasi dalam Pencapaian Tujuan Organisasi pada Era Disrupsi dan Tatanan Normal Baru”. Di sesi ini akan dibahas pentingnya dukungan teknologi informasi yang mumpuni guna menjaga kinerja institusi dalam memasuki tatanan normal baru saat ini.
Turut hadir dalam webinar tersebut Tim Independen Reformasi Birokasi (TIRBN), Tim Penjaminan Kualitas Reformasi Birokrasi Nasional (TPKRBN), instansi paguyuban Kementerian PANRB, serta beberapa instansi pemerintahan yang terkait seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Dalam Negeri, dan Kantor Staf Presiden. Kegiatan ini juga dihadiri oleh segenap sekretaris kementerian/lembaga/pemerintah provinsi dengan menggunakan aplikasi zoom.
Selain itu, webinar ini juga akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube Kementerian PANRB. Sehingga tidak hanya para undangan, masyarakat umum juga berkesempatan untuk mengikuti webinar, mengajukan pertanyaan, maupun memberikan masukan terkait topik yang telah dibahas. Pertanyaan dan masukan dapat disampaikan melalui kolom percakapan di aplikasi zoom serta melalui kolom live chat pada siaran langsung di akun Youtube Kementerian PANRB.