Highlight

MENJADI PRIBADI YANG PENTING DENGAN MEMBANGUN PERSONAL BRANDING


Personal  branding secara harfiah dimaknai sebagai merk diri lebih luas makna personal branding adalah suatu konsep yang diberikan oleh orang lain berkaitan dengan kepribadian, kemampuan , prestasi yang mampu kita raih sehingga kita dinilai menjadi pribadi yang penuh arti. Di kehidupan yang kompetitif seperti sekarang ini personal branding sangatlah penting untuk kita bentuk dalam diri kita masing-masing  karena dengan personal  branding kita akan mampu ‘menjual ‘diri kita.

Pada aspek apapun juga personal branding akan memberikan daya tawar yang tinggi terhadap diri.
Personal branding sangatlah diperlukan ketika kita hendak mempengaruhi orang lain disekitar kita. Personal branding akan mudah terwujud mana kala kita memiliki sesuatu yang unik yang berbeda dari orang lain. Tapi perlu diingat keunikan tersebut harus senantiasa mengarah pada hal-hal yang positif. Misalkan disuatu organisasi kita dikenal sebagai seorang programmer yang brilian, seorang konseptor yang handal dimana pada oragnisasi tersebut kita  satu-satunya orag yang memiliki kemampuan tersebut.

Lantas bagaimana membangun personal branding??Membangun personal branding sebenarnya tidak diperlukan cara khusus. Melalui kebiasaan kita sehari-hari maka personal branding dengan sendirinya akan dapat terwujud. Cara membangun personal branding misalkan kita memiliki profesi sebagai seorang entertainer dan sehari-hari kita melakukan profesi kita tersebut secara konsisten dan dengan baik maka dengan sendirinya orang-orang akan memberikan personal branding terhadap kita sebagai the best entertainer sebaliknya walaupun jikalau kita sebagai seorang entertainer tetapi kitatidak mampu untuk menampilkan profesi kita dengan baik maka tidak akan terbentuk personal branding yang baik.

Setiap kita menginginkan memiliki personal branding yang baik tetapi sebagian dari kita enggan untuk melakukannya. Personal branding sebenarnya dibentuk oleh habit atau kebiasaan kita sehari-hari, untuk itu jikalau kamu menginginkan memiliki personal branding yang baik maka tampakkanlah kebiasaan-kebiasaan unik dan tentu  yang baik pula dimana orang lain tidak memilikinya. Layaknya seperti sebuah produk,  akan dinilai memiliki branding yang baik manakala mampu menunjukkan kualitas yang baik pula. Demikian dengan diri kita jikalau kita menginginkan dinilai berkualitas maka tunjukkanlah bahwa diri kita pantas untuk dinilai berkualitas.

*Orang lain adalah penilai sejati atas apa yang diri kita lakukan*
*Lakukan kebaikan maka kau juga akan dinilai sebagai pribadi yang baik pula*
*Hidup itu seperti goresan tinta panjang,*
*Apa yang kau torehkan itulah yang akan dinilai orang*
*Ingin menjadi pribadi yang dianggap penting bangun personal branding*

Oleh : Nur Chasanah, S.Psi, MM, M.Psi, Psi