Highlight

Uji Coba Vaksin Covid-19 Tunjukan Hasil Efektif

China National Biotec Group (CNBG) mengatakan bahwa hasil uji calon vaksin corona pada manusia menunjukkan aman dan efektif. Bahkan uji coba calon vaksin virus corona jenis baru atau Covid-19 kedua dari perusahaan CNBG itu menunjukkan hasil yang positif, hanya dalam satu percobaan.
Dilansir Reuters pada Senin (29/6/2020), upaya eksperimental klinis tersebut menghasilkan antibodi tingkat tinggi pada semua manusia yang di uji coba dalam fase percobaan klinis yang melibatkan 1.120 orang yang sehat.
Sejumlah perusahaan dan peneliti China diizinkan menguji delapan calon vaksin pada manusia di dalam dan luar negeri, yang membuat China jadi yang terdepan dalam perlombaan mengembangkan usaha melawan virus yang membunuh hampir setengah juta orang seluruh dunia.
CNBG sendiri perusahaan klinis milik negara. Mereka mengatakan bahwa awal bulan Juli calon vaksin lain yang diproduksi oleh unitnya yang berkedudukan di Wuhan juga memicu keamanan antibodi tingkat tinggi pada para peserta uji klinis berdasarkan hasil-hasil awal.
Namun, vaksin tersebut tetap harus membuktikan keefektifannya pada tes manusia dalam "Fase3" di mana ribuan peserta nantinta direkrut, hal itu dilakukan guna membuktikan bahwa vaksin itu benar-benar aman untuk dijual secara global.
CNBG mengatakan pihaknya akan menjalankan Fase 3 di Uni Emirat Arab, namun mereka tak merinci eksperimen vaksin yang mana akan diuji.
sumber rri.co.id