Highlight

JANGAN HANYA MENGEJAR CEPAT KALAU AKHIRNYA MALAH MEMBUAT KITA TERHAMBAT

 



Kita semua selalu menginginkan segalanya cepat dan hasilnya instan tanpa perlu tahu proses yang mengawalinya yang terpenting di akhir hasil memuaskan. Tapi ketika kita berpikir demikian yang terjadi seringnya pekerjaan tidak selesai dengan cepat tetapi menjadi terhambat karena hanya diburu-buru waktu tidak mempertimbangkan yang lainnya. Kondisi tersebut sering kita lihat dalam kehidupan kita sehari-hari misalkan kita hendak membuang gelas yang retak karena kita tergesa-gesa kemudian membuang gelas tersebut dengan melemparnya alhasil tidak masuk tempat sampai dengan tepat malah menjadi pecah dan serpihannya kemana-mana sehingga kitapun harus menyapunya dan akhirnya membutuhkan waktu lebih lama. Kalau hal ini terjadi maka cepatpun tidak akan kita dapat sebaliknya kita akan menjadi semakin terlambat.
Banyak peristiwa yang terburu-buru tapi hasilnya malah menjadi banyak yang keliru dan harus mengulang dari awal lagi. Pelajaran yang berharga bagi kita semua ketika melakukan sesuatu jangan hanya mengejar cepat saja kalau orang jawa bilang “kebat kliwat”artinya bahwa bekerja secepat-cepatnya tapi akhirnya akan banyak yang terlewat hingga akhirnya akan menjadi dua kali kerja. Lakukanlah sesuatu dengan selalu mempertimbangkan sebab-akibatnya tak hanya akibatnya tetapi juga sebab yang memulainya.
Nikmatilah setiap proses yang ada karena didalamnya ada sesuatu yang luar biasa yang mampu kita ambil pelajaran untuk kehidupan kelak. Pahit dan manis suka dan duka semuanya hanyalah soal rasa dan rasa itu bersifat subjektif semata, yang perlu kita tahu bahwa ternyata hidup itu selalu berpasangan adanya dan apapun itu kita wajib menikmatinya. Dan kitapun tidak kaget dan kecewa bila berada pada posisi yang mungkin tidak mengenakkan karena kita sudah pernah merasakannya. Catatan bagi kita semua jangan hanya mengejar cepat apalagi kalau cepat tidak disertai dengan cermat karena yang ada malah akan menjadikan aktivitas terhambat.
Janganlah mengejar cepat
Jikalau kamu ingin hasil yang tepat
Apalagi cepat yang tidak disertai cermat
Yang ada hanya akan menjadikan semuanya terhambat.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi