Highlight

Jadi Makanan Masyarakat 1930-an, Ini Manfaat Genjer

 Genjer adalah sejenis tumbuhan rawa yang banyak dijumpai di sawah atau perairan dangkal. Namun, siapa yang menyangka jika genjer di tahun 1930-an dikenal sebagai makanan rakyat jelata.

Saat itu masyarakat banyak yang tidak mampu membeli lauk makan dan yang tersedia hanyalah genjer. Akhirnya masyarakat masa itu hanya mampu menyentap genjer sebagai lauk. Tidak hanya itu, bahkan genjer juga merupakan lagu populer berbahasa Osing (bahasa daerah Banyuwangi) yang diciptakan oleh seniman asal Banyuwangi, Muhammad Arief, pada tahun 1940-an. 

Sejak rezim Orde Baru berkuasa lagu ini selalu disebut sebagai lagu milik PKI. Bahkan, hingga saat ini lagu Genjer masih dicekal di berbagai kalangan. Tetapi, kini pamor genjer mulai berubah, genjer hadir di meja makan masyarakat Indonesia terutama di Jawa dan Sumatera.

Sayur genjer pernah menjadi salah satu makanan yang disantap CEO Telegram, Pavel Durov saat datang ke Indonesia pada 2017 lalu. Bagian yang biasa dimasak adalah daun Genjer, biasanya dimasak sebagai tumisan, lalapan, sebagai campuran pada gado-gado atau pecel, atau dimanfaatkan sebagai pengganti manfaat kangkung.

Usut punya usut, ternyata sayur Genjer ini memiliki kandungan gizi yang tidak kalah tinggi dengan jenis sayuran hijau lainnya. Berikut ini ulasan sejumlah manfaat genjer bagi kesehatan tubuh, diantaranya: 

1. Mengatasi Anemia 

Genjer mengandung zat besi tinggi yang sangat berperan penting dalam pembentukan sel-sel darah merah. Itu sebabnya, sayuran ini menjadi salah satu makanan sehat yang mampu mengatasi anemia dan kekurangan darah. 

Zat besi dalam sayur genjer juga bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel darah merah sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar dan terhindar dari berbagai penyakit.  

2. Meremajakan Sel-sel Tubuh 

Genjer mengandung protein yang tinggi yang berfungsi meremajakan sel-sel tubuh yang rusak dan tidak berfungsi. Apabila sel-sel tubuh rusak, tentu akan terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh karena ada bagian-bagian tertentu yang tidak berjalan. 

Jika hal itu sudah terjadi, pastinya akan membuat tubuh rentan terkena penyakit. Untuk menghindarinya, mulailah mengonsumsi sayuran tersebut secara rutin. 

3. Menyehatkan Gigi, tulang, dan Osteoporosis

Daun genjer mengandung kalsium dan fosfor alami yang sangat baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Dalam kaitannya dengan kesehatan tulang, genjer juga bisa membantu mencegah osteoporosis secara dini.

Dalam 100 gram penyajian sayur genjer, terkandung 62 mg kalsium yang baik untuk tubuh. Sehingga dengan persoalan itu, tidak ada salahnya kamu mulai mencoba mencicipinya. 

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Genjer mengandung vitamin C tinggi yang dapat mengikat lemak berbahaya atau lemak jenuh. Kandungan gizi dalam sayuran itu, ternyata bisa berkhasiat menurunkan kadar darah tubuh. 

Bagi penderita hiperglikemia atau kondisi dimana kadar gula darah melebihi batas normal, kamu bisa segera mengonsumsi sayur ini. 

5. Menyembuhkan Luka

Kandungan besi yang ada dalam sayur genjer, memiliki khasiat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. 

Untuk mengaplikasikannya, kamu dapat membalurkan daun genjer yang sudah ditumbuk halus ke bagian tubuh yang terluka, dan sudah dicuci bersih sebelumnya. Namun jika luka Anda tidak kunjung membaik setelah beberapa hari, Anda perlu berkonsultasi pada dokter. 

6. Berperan Sebagai Antibiotik

Genjer juga memiliki manfaat sebagai antibiotik bagi tubuh.  Antibiotik ini sangat berguna untuk melawan berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit yang membahayakan tubuh.

Dengan kandungan flovanoid dan vitamin C tinggi dalam genjer, membuat sayuran ini memiliki kemampuan sebagai antibiotik alami. Dengan begitu, kamu terhindar dari berbagai bakteri jahat yang mengancam kesehatan.

7. Menambah Selera Makan

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung dalam genjer, seperti vitamin B, zat besi, fosfor, lemak, karbohidrat, dan zat gizi lainnya, ternyata mampu menambah selera makan kamu.

Genjer bisa dijadikan lalapan atau dijadikan tumisan bersama oncom dan leunca, ditambah nasi panas, akan semakin meningkatkan kenikmatan yang tak akan pernah terlupakan.

8. Sudah pasti akan memperlancar saluran pencernaan

Dalam kaitannya dengan pencernaan, mengonsumsi genjer juga bisa mencegah timbulnya sembelit, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membuat kadar gula menjadi stabil. Semua khasiat tersebut merupakan kandungan dari genjer yang memiliki serat yang cukup tinggi dan bisa memenuhi asupan gizi harian bagi tubuh.

9. Keracunan jengkol

Siapa sangka, mengonsumsi genjer juga ternyata bisa mengobati keracunan jengkol lho. Menetralisir zat-zat yang terkandung pada jengkol, genjer dipercaya sebagai obat alami bagi yang sedang keracunan jengkol. Bagi yang pernah keracunan jengkol, mengonsumsi genjer bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengobatinya.

Meski biasa disebut sayurannya orang-orang kampung, genjer nyatanya mampu memberikan sensasi yang tak kalah nikmat dari sayuran yang ada di mall-mall. Dengan khasiat kesehatan di atas, masih ragu kah kamu mengonsumsi genjer sebagai salah satu menu makanmu?