Highlight

Profil Kompetensi Pegawai, Salah Satu Komponen Pembentukan Data Talent ASN BKN

 


Humas BKN, Sebagai bagian dari kelanjutan progres capaian penerapan sistem merit, Badan Kepegawaian Negara (BKN) melakukan talent mapping untuk menunjang pembangunan sistem merit dan reformasi birokrasi di lingkungan BKN. Pemetaan kompetensi pegawai yang sudah mulai dilakukan sejak tahun lalu ini merupakan langkah awal pembentukan data talent ASN di BKN. Dalam evaluasi sistem merit BKN pada November 2019, Wakil Kepala BKN, Supranawa sempat menyebutkan bahwa pelaksanaan talent mapping selain bertujuan untuk memperoleh peta kompetensi masing-masing pegawai, juga dimanfaatkan untuk membidik kader pemimpin, termasuk mendukung skema pemangkasan struktur eselonisasi di BKN.

Lanjutan dari capaian sistem merit pada tahun 2020, BKN kembali melakukan pemetaan kompetensi dengan metode CAT terhadap 258 pegawai di BKN Pusat dan Kantor Regional (Kanreg BKN), yang berlangsung mulai Senin s/d Kamis, tanggal 31 Agustus – 3 September 2020 dengan menyesuaikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

pemetaan pegawai BKN sudah dilakukan sejak tahun lalu, Kepala Biro SDM BKN, Diah Kusuma Ismuwardani. Doc. Kis

Kepala Biro SDM BKN, Diah Kusuma Ismuwardani menyebutkan bahwa pemetaan pegawai BKN sudah dilakukan sejak tahun lalu. Tujuannya untuk membentuk peta pengembangan kapasitas, rancangan pelatihan dan pendidikan, dan pengumpulan kader-kader yg disiapkan untuk melanjutkan kepemimpinan di BKN. “Pemetaan kompetensi dilakukan untuk merealisasikan sistem merit di BKN, sehingga diperoleh preferensi kompetensi pegawai (talent mapping), sebagai bagian dari penyusunan data talent ASN, salah satunya komponennya adalah profil kompetensi,” terangnya.