Highlight

Ternak Cupang, Raih Untung Jutaan Rupiah

 Hobi ikan cupang hias menjadi pilihan menjanjikan bagi petani ikan dalam membudidayakan komoditi itu.

Ikan jenis ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.

Bagi Penggemar, ikan cupang membagi kelompok menjadi tiga bagian, meliputi cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar.

Untuk kawasan di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya berjenis Betta Channoides yang berada di Kalimantan Timur.

Di Bogor Cupang juga menjadi jenis ikan yang menjanjikan bagi petani untuk budidaya ikan air tawar.

Salah seorang Petani Ikan Cupang Mardiah yang melakukan pembudiyaan di lahan sempit rumahnya kawasan Kebon Pedes Tanah Sareal Kota Bogor.

“Gampang kok berbudidaya Cupang ga usah lahan yang luas cukup di pekarang kecil juga bisa.” Ujarnya.

Memang saat RRI mendatangi kawasan tersebut, Senin (28/9/2020) terlihat seperti permukiman padat lainnya di Kota Bogor, namun saat memasuki ke dalam rumahnya nampak seperti pembudiyaan ikan hias berbagai jenis seperti Guppy, Ikan Mas Koki, Koi hingga Cupang yang berada dalam berbagai ukuran dengan menempatkan dalam aquarium kecil hingga besar.

Dalam rumah itu bahkan terdapat kolam tempat penangkaran dari mulai mengawinkan sampai bertelur dan menghasilkan anakan ikan hias.

Kemudian secara bertahap ikan hias berbagai jenis itu mulai menempati aquarium atau wadah sederhana tergantung jenis dan ukuran bulan.

Tidak hanya itu ikan hias itu pun mendapatkan perawatan dan pemiliharaan dengan adanya gelembung air dan udara termasuk tanaman air yang sengaja ditaruh dalam kolam atau aquarium.

Petani ikan hias lainnya Aman Sudiaman mengungkapkan awal menjadi petani Ikan hias karena desakan ekonomi setelah dirinya tidak lagi bekerja.

Kemudian pada masa Pandemi Covid 19 ini berupaya menghidupi seluruh anggota keluarganya dengan adanya peluang menjadi petani Ikan Hias berbagai jenis.

“ Saya mulai total berbudidaya Cupang sejak saya tidak kerja lagi, apalagi saat pandemi ini saya bertani Cupang dan ikan hias lainnya.” Katanya.

Dengan awal memeliahara cupang dengan mengawinkan hingga membesarkan maka mulai membuka bisnis itu.

Dalam sekali perkawinan Ikan Cupang bisa menghasilkan ratusan anakan untuk menjadi bibit unggul ikan hias dengan perawatan sejak kecil.

Secara telaten dirinya membuat tempat penangkaran berupa kolam ikan dan Aquarium di dalam rumahnya, setelah itu mengirimkan hasil penangkaran ke petani lainnya untuk dibesarkan.

Sedangkan setiap harinya Aman berjualan berbagai Ikan Hias di Depo Ikan Hias Binamarga Kota Bogor.

“Dari bisnis petani ikan hias saya bisa meraih keuntungan sampai 4 juta per bulan sehingga bisa menghidupi keluarga sampai menguliahkan anak – anak.” Ungkapnya.

Memang saat pandemi ini peredaran Ikan Cupang sangat menjanjikan dengan per hari bisa menjual 15 ekor langsung kepada pembeli, sedangkan kepada petani lainnya bisa mencapai 40 ekor berbagai ukuran.

Bagi pecinta ikan hias komoditas Cupang mempunyai keindahan dan kesenangan tersendiri dalam menikmati warna warni bulu.

Salah seorang pecinta Ikan hias dari Forum Cupang Bogor Miko mengatakan ikan tersebut mempunyai berbagai jenis dengan ciri khas warna bulu dengan beraneka ragam warna dan bentuk menarik perhatian.

“Salah satu yang paling menarik perhatiannya dari keindahan Ikan Cupang saat sayap dan dasinya mengembang karena adanya lawan, dengan agresifitasnya maka keindahan bulu itu menjadi daya tarik tersendiri dari ikan hias itu.” Katanya.

Selain itu dengan memelihara ikan cupang yang tengah menjadi tren berbagai kalangan usia dan kelas sosial juga mengingatkan pada masa sekolah dahulu.

Dirinya memang memelihara ikan Cupang Jenis aduan namun saat ini lebih memilih ikan cupang hias karena keunggulan warna dan bentuknya.

Bahkan Miko menceritakan hobi memelihara ikan cupang juga ada pada pengusaha yang sudah mapan tetapi memilih Ikan jenis itu sebagai hewan peliharaan.

Bagi pecinta Cupang yang akan memulai memelihara atau membudidayakan Ikan jenis Beta itu Forum Cupang Bogor mempunyai tips dan trik untuk merawat agar tidak mudah mati atau terserang penyakit.

“ Begini bagi pemula yang mau melihara Ikan Cupang cukup kasih makan pelet aja sama selalu jaga kebersihan tempat hidupnya, tapi Cupang itu kuat kok jadi gampang dipeliharanya.” Tuturnya.

Memang Saat Pandemi ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktu dirumah untuk dapat maksimal memutus penyebaran Covid 19.

Saat itu lah banyak masyarakat memilih kesibukan dalam menjalani kehidupan sehari – hari dengan mengembangkan hobi baru seperti memelihara Ikan Cupang.

Dampak positif nya memang petani ikan cupang kebanjiran order yang berdampak pada penghasilan untuk meningkatkan perekonomian saat pandemi berlangsung.

Tentu saja Hobi memelihara Ikan Cupang semoga bukan hanya sesaat musiman seperti dahulu bomming Batu Akik atau Tanaman Gelombang Cinta atau Antorium.