Highlight

Cuti Bersama, Pemesanan Tiket KAJJ Naik Tajam

 Catatan PT Kereta Api Indonesia (KAI), pemesan tiket pada libur panjang cuti bersama, 27-28 Oktober, meningkat tajam, dengan lebih dari 7.000 pemesanan tiket.

"Dari data pemesanan tiket per tanggal 24 Oktober 2020 menunjukkan angka tertinggi untuk keberangkatan antara tanggal 27 Oktober 2020, dengan volume sementara sekitar 7.270, hingga Rabu 28 Oktober 2020, dengan volume sementara sekitar 7.679 penumpang," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui keterangan resminya di Jakarta, Minggu (25/10/2020).

Angka pemesan tiket itu diperkirakan masih dapat bertambah, karena biasanya pemesan tiket pada momen libur panjang bertambah dua kali lipat.

"Jumlah rata-rata penumpang per hari pada momen libur panjang tersebut bertambah dua kali lipat lebih jika dibandingkan akhir pekan minggu lalu pada Jumat, 16 Oktober 2020 yakni sebesar 2.876 penumpang," imbuh Eva.

Melihat situasi ini, PT KAI menambah jumlah armada dari 18 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) pada hari biasa, menjadi 27 perjalanan KAJJ untuk libur panjang nanti.

"(Sebanyak) 27 perjalanan KAJJ per hari yang akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, dan Stasiun Jakarta Kota," tuturnya.

Eva tidak lupa mengimbau calon penumpang menjalani rapid test minimal sehari sebelum jadwal keberangkatan. Hal itu guna meminimalkan kepadatan yang akan terjadi.

"Rapid test bagi calon penumpang KA tidak harus dilakukan di stasiun, namun dapat juga dilakukan di klinik-klinik terdekat yang menyediakan fasilitas rapid test. Di area Daop 1 Jakarta layanan rapid test bagi calon penumpang dilayani di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen dengan jam operasional pukul 07.00 WIB s.d 19.00 WIB serta biaya sebesar Rp 85.000. Calon penumpang KA yang ingin melakukan rapid test di stasiun harus memiliki kode booking tiket KAJJ yang telah terbayar lunas," pungkasnya.