Highlight

Tingkatkan Skill SDM Di Era 4.0

 

Demak – perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan setiap individu untuk mengikuti arus perubahan jaman. Pengalih fungsian media dari tradisional menuju internet membuat Sebagian orang gagap teknologi. Untuk itu, diperlukannya penguasan teknologi untuk dapat memanfaatkan setiap aplikasi.

Dalam rangka untuk meningkatkan skill SDM di Wilayah Kabupaten Demak terkait Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), BPSDMP Kominfo Yogyakarata gelar pelatihan sertifikasi bidang TIK berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia). Sedangkan dalam kegiatan ini Dinkominfo Demak memfasilitasi untuk perekrutan dan pelatihan di wilayah Kabupaten Demak.

Pelatihan yang akan dilaksanakan selama 5 hari bertempat di Gedung Ghrandika Bina Praja di mulai pada, Senin (12/10/20). Hadir dalam acara Wakil Bupati Joko Sutanto, Sekda Demak Singgih Setiyono, Ka BPSDMP Kominfo Jogja , Dinkominfo, Dinnakerind serta 60 peserta bintek.

Wakil Bupati Joko Susanto dalam sambutannya mengatakan, memasuki era digital seperti sekarang sangat dibutuhkan tenaga kerja yang mempunyai skill mumpuni.
“Maka harus mengikuti pelatihan ini secara sungguh-sungguh agar mampu bersaing dengan yang lain sehingga mendapatkan pekerjaan yang diinginkan”,kata Joko.

Saat melakukan sambutan melaui teleconference Ka BPSDMP Kementrian Indonesia Yusuf Iskandar mengatakan, Demak merupakan perhatian khusus, karena Demak adalah sasaran pengembangan SDM kementrian. Di era 4.0 setiap SDM di tuntut untuk menguasai IT yang merupaka kebutuhan fital dalam penyebaran luasan informasi dan alat penunjang terpenuhinya suatu pekerjaan.

Singgih Setiyono menjelaskan, pelatihan ini sebelumnya sudah di selenggarakan di Banjarnegara, Wonosobo dan Jepara dengan tingkat kelulusan rata-rata 32%. Sementara itu Pemkab Demak akan menargetkan kelulusan sebesar 80%.
“Kita harus lulus 80% dan mendapatkan sertifikat kompetensi agar layak memasuki dunia kerja. Dari Dinnakerind sendiri siap untuk menyalurkan ke industri kerja”, ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan diadakannya pelatihan ini, kemampuan skill SDM pada bidang IT semakin meningkat sehingga masyarakat padat masuk ke dunia industri dengan mudah serta dapat menggurangi angka penggangguran di Demak.