Highlight

Sosialisasikan Manfaat Sp4n Lapor Sebagai Saluran Resmi Pengaduan

 

Demak- Untuk memberikan sosialisasi dan kesempatan pada masyarakat dalam menyampaikan aduan permasalahan atas pelayanan publik, Dinas Kominfo Demak membuka stand pengaduan Sp4n Lapor di depan balai desa Banteng mati kecamatan Mijen, Selasa (1/12/20).

Kegiatan dimaksudkan untuk menjemput informasi atau aduan warga atas pelayanan umum maupun pengaduan warga terhadap fasilitas umum. Selain itu juga mengenalkan pada masyarakat tentang tata cara penyampaian aduan melalui saluran yang benar dan tepat.

Saat mulai menata stand di depan balai Desa Banteng Mati beberapa warga dan aparat Desa mendatangi lokasi stand untuk menanyakan tentang kegiatan apa yang akan dilakukan. Mereka penasaran dan mengira akan diadakan pameran.

Koordinator lapangan Rudi yang menyambut mereka menjelaskan, tujuan dan keberadaan stand bahwasannya stand yang didirikan siap menerima aduan warga terkait permasalahan pelayanan publik.

“Monggo bapak ibu ini adalah stand Sp4n Lapor dimana panjenengan dapat menyampaikan keluhan ataupun permasalahan yang pernah dihadapi di saat mengurus administrasi, juga bisa menyampaikan keluhan anda atas fasilitas umum yang mungkin mengalami kerusakan atau melaporkan kondinya saat ini, “jelas Rudi.

Sementara Admin Sp4n Lapor Bagus Tri Anggoro menambahkan, ada empat saluran pelaporan yakni dengan SMS ketik “HALLO DEMAK” kirim ke nomor 1708, mendaftar melalui website hallodemak.lapor.go.id, menggunakan aplikasi Sp4n Lapor yang di unduh melalui play store/appstore dan melalui facebook/twitter.

Pada kesempatan tersebut ada 4 pengaduan yang masuk dari warga dan aparat desa yang telah diterima diantara dari Sulaiman warga Banteng Mati RT 03/RW 01, yang mengeluhkan kelangkaan pupuk dimasa musim tanam terutama pupuk bersubsidi bahkan pengguna kartu tani merasa heran, pasalnya kuota pupuk hanya bisa di tebus 30% saja

Kemudian Mulyanto warga RT 05/RW 03 mengeluhkan akses jalan dari jalan raya yang menuju Banteng Mati sepanjang 3 km kondisinya agak rusak dan sempit, sehingga apabila mobil berpapasan harus berhenti salah satu dengan posisi miring di bahu jalan. Kesulitan akan timbul apabila berpapasan dengan truck atau bak terbuka yang bermuatan berat. Mohon untuk bisa diperhatikan.

Kemudian 2 pelapor lainnya yakni Suwondo dan Ashori masing-masing menyampaikan terkait harga bibit bawang merah dan mengharapkan hasil swab untuk penanganan Covid-19 bisa cepat dilihat.

Terpisah, Kepala Dinas komunikasi dan Informatika Endah Cahyarini mengatakan, bahwa pemerintah Kabupaten Demak baru saja menerima penghargaan kategori Instansi Pemerintah Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik yang menggunakan aplikasi Sp4n Lapor. dan memenangkan kompetisi Top 45 inovasi pelayanan publik melalui program Cengkraman Mata Elang (CME).

” Untuk itu dinas kominfo melalui tim yang ditugaskan terjun kelapangan untuk menjaring laporan, informasi maupun saran dari warga demi perubahan pelayanan publik yang lebih baik di kabupaten Demak, “jelas Endah.