Highlight

Demak Terima 25 Unit Kosentrator Oksigen dari Djarum Foundation Kudus

 DEMAK – Pemkab Demak menerima bantuan 25 unit kosentrator oksigen dari Djarum Foundation Kudus yang merupakan alat medis yang berfungsi untuk memberikan oksigen bagi orang yang memiliki gangguan pernapasan. Alat tersebut diperuntukan bagi Rumah Sakit di Demak.

Bantuan diterima bupati Eisti'anah yang diserahkan Manajer Public Djarum Foundation Kudus Purwono Nugroho dan Staf Manager Public Arvi Oktaviendra Suhadi di Pendopo Satya Bhakti Praja, Senin, (11/10/21). Hadir mendampingi bupati, wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Sekda Singgih Setyono, dan Direktur RS. 

Purwono Nugroho pada kesempatan tersebut menyampaikan ,“Kami akan menyerahkan konsentrator oksigen, di mana sebenarnya alat ini tidak terlalu urgent karena kasus di Kabupaten Demak telah sangat baik. Jadi yang kami harapkan alat ini sebagai langkah antisipasi sehingga alat ini harapannya tidak dipakai, sehingga bisa untuk disimpan saja,” katanya.

“Saat covid kemarin memang banyak yang membutuhkan oksigen, dan semua pihak berebut mendapatkannya namun terkendala distribusi, nah alat ini untuk pasien yg tidak bisa mendapatkan oksigen secara mandiri, sehingga alat ini baik untuk tempat isolasi yg tidak ada jaringan oksigen. Namun karena sudah mulai menipisnya yang terkena covid maka kami harapkan tidak digunakan. Yang kami lakukan adalah turut serta mengajak masyarakat bersiap-siap untuk dapat menyongsong dimana pandemi menjadi endemi.” imbuhnya. 

Sementara Bupati Demak Eisti’anah menyampaikan, “Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Demak mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Djarum Foundation atas berbagai bantuan yang telah diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Demak. Semoga sinergitas ini tetap terjalin baik untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam bidang kesehatan” Katanya.

“Terkait pandemi ini kita tidak boleh lengah, harus tetap waspada, tetap melakukan prokes, dimana kita harus tetap melaksanakan vaksin, dimana target vaksin bulan oktober ini harus sudah mencapai 70%, kita sekarang untuk vaksin di kabupaten demak 63%. Untuk rumah sakit harus tetap di genjot untuk vaksinasinya namun demikian masyarakat harus tetap menjaga prokes.” Tambah Bupati.

Sebagai Informasi Djarum Foundation memiliki program pemberian bantuan 1000 konsentrator oksigen  untuk Rumah Sakit di Indonesia, termasuk didalamnya untuk Kab Demak mendapatkan 25 alat, dengan sasaran 5 alat per rumah sakit yang ada di Demak yakni, RSUD Sunan Kalijaga, RSUD Sultan Fatah, RSI NU, RSKPU hj. Fatimah, dan RS Pelita Harapan Mranggen.