Highlight

Halaqoh Ikhtiar Perkuat Sinergitas Ulama-Umara

 

DEMAK – Bupati Demak Eisti’anah menghadiri acara Halaqoh Ulama yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kab Demak.
Turut hadir dalam acara tersebut Kepala kantor Kemenag Kab, Demak, Kepala Baznas Kab Demak, Ketua BWI Kab Demak, Ketua LAZISNU Kab Demak, Ketua LAZISMU Kab Demak dan Sekretaris Umum MUI Kab Demak. Acara bertempat di Hotel Amantis Demak dengan mengangkat tema Pemetaan dan Pemanfaatan Potensi Dana Umat di Kab Demak.

Halaqoh, secara bahasa adalah lingkaran, secara maksud arti dari halaqoh adalah perkumpulan antara dua orang atau lebih yang membahas urusan-urusan keilmuan, terutama menyoal ilmu agama. Halaqoh merupakan system Pendidikan islam tertua, yang telah dopraktekan oleh Rasulullah sejak awal turunnya al-islam. Hal ini sebagaimana dicatat dalam sejarah diawal da’wah islam proses penanaman nilai ajaran islam dilakukan oleh Rasulullah dirumah Al-Arqam.

Sebagaimana diketahui, system halaqoh ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan telah terbukti efektivitasnya dalam membentuk kepribadian umat islam, dan meluruskan pemahaman, serta aqidah mereka. Bahkan, hal ini juga sebagai informasi transformasi ilmu pengetahuan.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Demak Eisti’anah dalam unggahan melalui media sosialnya @dr.eistianah. Minggu,(24/10/21).
Dalam unggahan tersebut dirinya juga menyampaikan, Alhamdulillah, Sabtu (23/10/2021) lalu, saya berkesempatan untuk mensukseskan kegiatan Halaqoh Ulama yang diselenggarakan oleh sedulur-sedulur dari Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kab. Demak.

“Meski demikian, tentu kegiatan ini membawa keresahan hingga ide kreatif untuk selanjutnya saling mengkolaborasikannya satu dengan yang lain. Sehingga diharapkan, hal ini yang kemudian akan membangun iklim diskusi positif, namun tetap progresif.”


“Oleh karenanya, setelah penyatuan visi antar tokoh keagamaan (Islam) di Kab Demak, yang kemudian sebagai bekal membangun sinergitas positif dan berkesinambungan antara unsur Ulama-Umara’ di Kab Demak.