Highlight

ACARA FORUM SOSIALISASI GENBEST DI LINGKUNGAN BKPP KABUPATEN DEMAK


DEMAK – Selasa (25/6) bertempat di ruang kelas Belimbing Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Demak, Kementerian Kominfo RI bekerjasama dengan Dinas Kominfo Demak menggelar kegiatan Forum Sosialisasi Genbest (Generasi Bersih Dan Sehat) Dalam Rangka Penurunan Prevalensi Stunting 2019. Demak merupakan kota ke-8 yang terpilih dari 30 kabupaten kota se-Indonesia untuk kegiatan Kemenkominfo tersebut.

Hadir dalam acara tersebut Direktur IPMK (Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) Kementerian Kominfo RI, DR. Wiryanta, MA, PhD, Pujo Semedi dari DPC Persatuan Ahli Gizi (Persagi) RSUD Sunan Kalijaga Demak, dan Agus Pramono, SH, Kabid Komunikasi dan Statistik Dinkominfo Demak. Peserta sosialisasi terdiri dari perwakilan 10 desa stunting, sektor pendidikan, sektor kesehatan dan IBI, dan unsur masyarakat se-Kabupaten Demak.

Pujo Semedi memaparkan tentang Tiga Komponen Utama Penanggulangan Stunting yaitu pola asuh, pola makan, dan air bersih sanitasi. Menurutnya asi eksklusif harus diberikan pada bayi selama 6 bulan setelah itu baru diberikan MPASI (makanan pendamping ASI) dan dihimbau untuk memberikan ASI kepada bayi hingga usia 2 tahun.

RAD Penanggulangan Stunting pada tahun 2020 dilaksanakan terhadap Desa Boyolali Kecamatan Gajah, Desa Gedangalas Kecamatan Gajah, Desa Kedungori Kecamatan Dempet, Desa Guntur Kecamatan Guntur, dan Desa Donorojo Kecamatan Demak. Sedangkan untuk RAD Penanggulangan Stunting pada tahun 2021 dilaksanakan terhadap Desa Sambiroto Kecamatan Gajah, Desa Sidomulyo Kecamatan Wonosalam, Desa Bumirejo Kecamatan Karangawen, Desa Betahwalang Kecamatan Bonang, dan Desa Kembangan Kecamatan Bonang.

Sumber : Dinkominfo Kabupaten Demak