Highlight

PAPARAN SAKIP BKPP DI BINA PRAJA

Dalam rangka evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten Demak Tahun 2018, sebanyak 20 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terpilih wajib mengikuti desk yang dilakukan bersama Inspektorat Kabupaten Demak dan desk bersama Tim Inspektorat Provinsi Jawa Tengah. Merupakan rangkaian dari evaluasi SAKIP adalah 20 OPD terpilih wajib melakukan paparan di depan Tim Inspektorat Provinsi Jawa Tengah yang dilakukan oleh Kepala OPD masing-masing. Paparan dibagi menjadi 3 hari yaitu Senin sampai dengan Rabu (19-21 Agustus 2019) dengan jadwal tentatif untuk 20 OPD, dimana Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) mendapatkan jadwal paparan pada hari Senin, 19 Agustus 2019.
Acara dimulai pada jam 07.30 di Bina Praja sesaat setelah apel bersama di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Demak. Tim Inspektorat Provinsi Jawa Tengah hadir sebanyak 7 orang. Acara dibuka oleh Bupati Demak didampingi Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten I, Asisten II, Plt. Asisten III dan 10 OPD yang dijadwalkan paparan pada hari Senin, 12 Agustus 2019. Setelah pembukaan, Sekda memaparkan SAKIP Kabupaten Demak dilanjutkan paparan Kepala OPD oleh 3 OPD yang ditunjuk yaitu Inspektorat, Dinas Kesehatan dan BKPP.
Paparan BKPP dilakukan oleh Kepala Badan, Hadi Waluyo, SH, M.Pd. Paparan BKPP menjelaskan tentang visi, misi, program unggulan, tingkat efisiensi dan efektifitas yang telah dicapai dan juga terobosan yang dilakukan BKPP dalam rangka efisiensi dan efektifitas anggaran. Terobosan tersebut diantaranya adalah BKPP Kab. Demak sebagai satu-satunya Kabupaten di Prov Jateng yang menyelenggarakan Diklat PIM III, Kab. Demak sebagai Kabupaten pertama pada wilayah KanReg I BKN Yogyakarta yang telah melakukan MoU Kenaikan Pangkat dengan sistem Paperless, dan pelaksanaan Alih Media Arsip Kepegawaian dari paper base ke arsip digital melalui ARDILA (Arsip Digital ASN).
Beberapa tanggapan sangat baik dilontarkan Tim evaluator (Inspektorat Prov Jateng), dimana salah satunya adalah kekaguman Tim terhadap Pemkab Demak atas prestasi-prestasi yang sudah diraih di tingkat Provinsi dan Nasional. Semoga Pemkab Demak dapat meningkatkan prestasi khususnya pada evaluasi SAKIP dengan nilai yang lebih tinggi dari evaluasi tahun sebelumnya.