Highlight

AGAR HIDUP TERUS MENGALIR SENANTIASALAH MENGISI DAN MEMBERI

Demak, 5 November 2019 hari selasa bertempat di BKPP Kabupaten Demak


Setiap orang mendambakan keberkahan dalam hidup karena dengan berkah maka apapun yang kita punya selalu berkecukupan dan tak pernah ada kurangnya. Tapi sayangnya kita sering tak tahu bagaimana cara yang tepat untuk meraih keberkahan itu. Berkah itu laksana air yang mengalir yang selalu ada meskipun banyak orang yang memakainya. Air yang dimasukkan dalam teko selamanya tidak akan pernah habis jika kita selalu mengisi dan membaginya dan itupun harus berimbang karena jika diisi terus tanpa dibagi yang ada malah akan meluber kemana-mana dan tidak ada kebermanfaatan disana berbeda ketika kita membaginya maka yang ada orang menerima betul-betul  mengharapkan dan mampu memanfaatkannya.
Dan disinilah matematika kehidupanpun berlaku bahwa jikalau kita senantiasa menambah tanpa membagi maka yang ada akan terkurangi berbeda jikalau kita senantiasa menambah tapi kitapun tak lupa untuk membaginya maka yang ada akan menjadi berkali-kali jadinya. Sehingga rumusnya jika kita ingin berkah selalulah menambah dan tak lupa berbagilah. Karena dengan berbagi maka akan banyak do’a dari orang sekitar yang akan senantiasa mendo’akan kita dengan do’a-do’a terbaik mereka.
Karena kita hidup di alam maka tirulah selalu sifat-sifat benda yang ada di alam karena dialamlah tersimpan jutaan kedamaian dan kebahagiaan. Seperti halnya  air adalah salah satu benda yang tersimpan di alam air memiliki sifat selalu mengalir asalkan dia senantiasa dialiri dan dibagi-bagi, air tak akan habis walaupun seisi dunia memakainya. Sama halnya dengan materi ataupuan yang kita miliki kalau kita hanya mengejar untuk senantiasa menambah tapi kita lupa untuk membaginya maka yang terjadi tidak akan ada berkah didalamnya yang ada hanyalah rasa susah karena disana hanya bersarang nafsu duniawi dan lupa untuk segera membagi.
Berpeganglah pada prinsip kehidupan bahwa sesungguhnya apa yang kita miliki orang lainpun juga berhak  untuk memilikinya, untuk itu tak perlu pelit karena pelit hanya akan membuat riski kita semakin sempit dan karunia Allah semakin menjadi terhimpit. Isilah selalu diri dengan hal-hal yang positif dan bagilah isi tersebut agar kemudian diri kita semakin menjadi berisi.
Berkah melimpah
Manakala kita mampu berbagi setiap langkah
Tak hanya dengan harta tapi apapun yg kita punya
Karna kebermilikan kita akan menjadi lebih berarti jika kita gunakan untuk berbagi
Oleh Nur Chasanah, S.Psi