Highlight

TAK PERLU BIAYA MAHAL UNTUK PERFORMANCE YANG MAKSIMAL

Demak, 23 Desember 2019 hari senin pukul 05.20 WIB.


Performance atau orang sering mengatakan sebagai penampilan adalah hal yang krusial atau penting terutama bagi kaum hawa.Karena orang awam akan melihat seseorang dari performance luar mereka.Sehingga bagi kaum hawa mereka rela untuk mengeluarkan biaya mahal untuk mensupport performance mereka.

Kaum hawa yang lebih mendasari tindakan mereka lewat perasaan sehingga apapun yang dinilaikan orang terhadapnya akan dirasa.Misalkan dengan penilaian kamu gemuk,kamu hitam,kamu terlihat tua ataupun hal-hal yang negatif lainnya maka merekapun akan gercep untuk mengambil langkah memperbaiki penampilannya.

Mungkin tidak terbatas pada kaum hawa saja kaum adampun juga melakukan hal yang sama ketika orang lain mengkritik penampilannya. Sebetulnya bukanlah performance yang harus dirubah ketika ada kritik negatif terhadap performance tersebut.Sehingga kita rela untuk mengeluarkan biaya mahal dari kantong kita.

Kritik dari orang lain terhadap penampilan kita adalah suatu bentuk penilaian.Dan kitapun sebenarnya tak perlu kebakaran jenggot jika ini terjadi.Apalagi sampai rela untuk membayar berapapun untuk mengganti penilaian yang semula negatif menjadi positif.

Penilaian terhadap performance kita sebenarnya yang harus diperbaiki adalah self concept kita atau pemahaman terhadap diri sendiri.Ketika kita telah mampu membangun selfconcept yang positif maka dengan tidak sengaja itu akan muncul sebagai bentuk inner beauty sehingga orang lainpun akan beranggapan bahwa sesungguhnya tampilan luar yang mereka lihat juga sebagai sesuatu yang positif.

Membangun selfconcept yang optimal misalkan menggambarkan diri lewat keyakinan bahwa dirinya adalah seorang Ibu yang cantik smart dan enerjik padahal mungkin sebenarnya secara fisik gemuk dan secara kemampuanpun pas-pasan.Tapi karena itu sudah tertanam dalam diri maka apapun penilaian orang yang negatif terhadap penampilannya akan mampu dipatahkan.
Selain itu juga perlunya mensugesti diri bahwa penilaian orang banyak biasnya dan hanya penilaian Tuhanlah yang pasti benarnya.

Mulai sekarang tak perlu lagi keluarkan biaya mahal untuk mendapatkan perfomance yang maksimal.Cukup bangun selfconcept yang optimal lewat keyakinan positif yang mampu menguatkan mental.
Oleh NUR CHASANAH, S.Psi, M.Psi., Psi