Highlight

PRIBADI YANG CANGGIH ITU TERLAHIR KARENA TERUS BERLATIH

Demak, 29 Januari 2020 Hari Rabu.
Pukul 09.00 WIB.



Manusia terlahir di dunia dari belahan bumi mana saja selalu dalam keadaan tabularasa bagaikan kertas putih bersih hal itu menyangkut pemikiran dan perilakunya. Baru ketika mereka tumbuh dialam dunia ini mereka menjadi manusia yang beraneka rupa ada manusia yang biasa saja ada juga manusia yang luar biasa. Semua itu tergantung bagaimana kemauan mereka untuk terus belajar sesuai yang mereka cita-citakan.
Begitupun seorang ilmuwan dunia tak ada satupun dari mereka yang tiba-tiba terlahir menjadi ilmuwan. Merekapun sama dengan kita mereka terlahir tak tahu apa-apa, baru setelah kognitif mereka berfungsi ada keinginan mengembangkan ilmu yang dimiliki. Dan itupun diawali dengan trial and eror dan itupun tidak hanya satu dua kali tapi mungkin sampai ribuan kali. Tetapi karena semangat yang tak mudah pupus dan terus mengembang tanpa kenal putus maka yang semula keinginan lama kelamaan akan menjadi kenyataan.
Rumus para ilmuwan dunia agar sukses sebenarnya adalah senantiasa mencoba dan berlatih. Jatuh bangun sudah menjadi makanan mereka sehari-hari tetapi itu tak  mereka jadikan hambatan untuk terus melaju. Bagi mereka menyerah ketika jatuh akan membuat jiwa kita semakin keruh tetapi bangkit ketika terjatuh akan membuat jiwa semakin kuat dan jalan untuk menuju pribadi yang lebih hebat.
Berlatih itu terkadang memang butuh tenaga sampai tertatih-tatih tapi dengan keyakinan bahwa segalanya yang dilakukan dengan sungguh-sungguh maka akan mendapat hasil yang penuh. Tak ada hasil yang mengkhianati usaha terlebih yang dilakukan dengan sepenuh jiwa raga. Untuk itu jikalau sekarang dirimu ingin menjadi pribadi yang canggih maka mulailah dengan niatan untuk terus berlatih.
Canggih itu tak terbatas pada penggunaan teknologi tetapi lebih luas dalam penggunaan aspek kognitif yang dimiliki di sinergikan dengan afektif dan kognitif yang ada dalam diri dan canggih itu berkorelasi dengan orang yang mampu melakukan sesuatu dengan cepat dan tepat. Tentunya tak ada hal yang instan selalu dibutuhkan usaha untuk membukakan jalan begitupun untuk menuju terbentuknya pribadai yang canggih.
Tersulah berlatih dengan semangat yang gigih yakinlah maka kau akan mempu menjadi pribadi yang canggih.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi