Highlight

JANGAN PERNAH BERHARAP YANG BESAR KALAU KAU TAK BISA MENGHARGAI HAL YANG KECIL



Dunia ini selalu berdampingan isinya seperti perempuan dan laki-laki, sehat dan sakit, siang dan malam serta masih banyak yang lainnya. Seperti halnya besar dan kecil, kita sering menghargai yang karena menurut kita yang besar yang lebih membuat hidup berarti sehingga kita sering melupakan hal yang kecil. Jika hal ini terjadi maka yang ada bahwa kita menjadi seorang yang berobsesi hanya terhadap hasil tanpa melihat proses yang mendahuluinya.
Bukalah mata hati dan pikiran lebar-lebar bahwa banyak peristiwa yang hanya melihat hasil akhirnya pada proses sering terjadi kegagalan. Sekecil apapun usaha kita sekecil apapun yang kita terima dan sekecil apapun yang harus kita kerjakan maka kitapun harus memberikan porsi yang sama untuk mereka. Ketika kita sudah meremehkan yang kecil maka yang besar tak akan pernah mampu kita raih.
Hargailah sekecil apapun yang kita terima karena bisa jadi yang kecil itulah yang mampu mengantarkan kita pada indahnya kehidupan akhirat kelak. Karena sebagai manusia terkadang kitapun memiliki keterbatasan untuk melakukan sesuatu yang lebih besar dan hanya mampu melakukan hal-hal yang kecil dan bisa jadi pula yang kecil itu kita lakukan karena ikhlas sedangkan yang besar dalam melakukannya sering kita dihinggapi dengan kesombongan. Jika hal demikian terjadi maka yang besar itu tak akan memberikan arti, karena sekecil apapun kesombongan yang melekat dalam setiap aktivitas kita Allah tak akan mencatatnya sebagai suatu kebaikan.
Mulai sekarang hargailah yang kecil, karena yang besar itu selalu dimulai dari hal-hak yang kecil. Ingatlah bahwa sesuatu yang besar tak akan pernah mampu kau raih jikalau yang kecil saja kau tak mampu melakukannya dengan baik.
Dari NUR CHASANAH, S.Psi