Highlight

Pahami Tiga Cara Utama Ini, Jauhkan Anda dari Infeksi COVID-19


Sesuai arahan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), kamu harus paham 3 (tiga) cara utama ini agar masuk kategori orang yang tidak akan terinfeksi wabah Corona Virus Disease 2019 atau disingkat COVID-19. Atau minimal kamu bisa dianggap paham mengenai cara supaya terhindar dari bahaya terjangkit virus Corona.

Be safe and smart. Artinya jadilah orang yang hati-hati, serta paham betul cara menghindarkan diri sekaligus orang-orang di sekitarmu agar tidak terjangkit virus Corona. Dan jadilah orang yang cerdas dalam memahami beberapa karakteristik dari virus tersebut.
Berikut tiga cara utama yang dimaksudkan:


1. Memperhatikan kebersihan diri. 

a. Sering mencuci tangan, disarankan menggunakan sabun di bawah air yang mengalir selama 20 detik.

b. Menjaga imunitas atau kekebalan tubuh dengan olahraga dan berjemur di bawah sinar matahari mulai pukul 08.00-11.00 WIB.

c. Mengkonsumsi vitamin secukupnya atau rempah herbal seperti jahe, temulawak, kunyit, guna menjaga kebugaran.

d. Selalu berpikir positif, karena jika mental down, imunitas akan turun dan virus atau kuman akan mudah masuk.

2. Memahami dengan baik mengenai Coronavirus secara medis. 

a. Paham bahwa COVID-19 merupakan virus yang berkaitan erat dengan penyakit bawaan seperti kardiovaskular atau cardiovascular disease (CVD), yakni penyakit yang bertalian erat dengan fungsi jantung dan pembuluh darah. Turunannya adalah penyakit jantung iskemik, stroke, dan PAD yang melibatkan atherosclerosis.

b. Paham bahwa COVID-19 merupakan virus yang berkaitan erat dengan sistem pernafasan yang berhubungan langsung dengan paru-paru.

c. Paham bahwa COVID-19 merupakan virus yang menyukai pasien-pasien dengan penyakit yang punya penyakit bawaan diabetes.

d. Memahami bahwa COVID-19 merupakan virus yang sangat mematikan bagi manusia dengan usia 40 tahun ke atas.

Dengan memahami poin kedua ini, artinya nanti Anda harus bisa menjaga waktu istirahat sebaik-baiknya, menjaga pola makan teratur, serta selalu menyantap menu makanan sehat.


3. Memperhatikan social distancing atau jarak sosial dengan cara:

a. Menghindari kerumunan dengan orang lain, siapapun itu terlebih dengan mereka yang sudah terpapar maupun memiliki track record komunikasi dengan orang-orang yang positif terjangkit Corona.

b. Mengikuti arahan pemerintah untuk tinggal di rumah selama masa darurat wabah, sesuai arahan pemerintah di negara masing-masing atau daerah serta distrik tempat tinggal Anda.

c. Menjaga jarak 1-2 meter dengan orang lain di manapun Anda berada. Termasuk sementara ini hindari berjabat tangan dengan orang lain.

d. Apabila memang Anda harus keluar rumah untuk keperluan sangat penting, ketika pulang usahakan langsung mandi sekaligus merendam pakaian dengan deterjen alias langsung dicuci. Setelah itu, baru berinteraksi dengan isteri, anak, atau orang tua di rumah. Anda juga harus bisa memberi pemahaman bagi seisi rumah mengenai social distancing serta betapa pentingnya sistem tersebut memutus rantai penularan COVID-19.
sumber rri.co.id