Highlight

Begini Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri Dirumah

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu bagi seluruh umat muslim di dunia. Keistimewaan yang ada pada Bulan Ramadhan salah satunya adalah dilipatgandakannya pahala pada bulan ini. Salah satu pahala yang didapat adalah pahala saat beribadah. Pada bulan Ramadhan pasti anda tidak asing dengan ibadah sholat tarawih.

Namun ditahun ini sangatlah berbeda rasanya karena kita dituntut untuk melakukan solat tarawih sendiri dirumah. Seperti yang di ungkapkan Sekretaris Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Yayah Ruchyati, beberapa waktu lalu yang mengharapkan agar masyarakatnya dapat melakukan shalat tarawih di rumah selama pandemi COVID-19.

Diketahui pula bahwa sholat tarawih itu merupakan ibadah sholat sunnah yang hukumnya sunah muakad. Ibadah Ini dilakukan setelah menjalankan salat Isya di tiap malam bulan Ramadan. Ibadah ini biasa dilakukan secara berjamaah maupun sendiri.

Shalat tarawih bukan hanya cara meningkatkan amal ibadah namun juga menjadi cara mendekatkan diri ke pada Tuhan. Sholat tarawih termasuk qiyamul lail atau sholat malam namun shalat tarawih hanya dilakukan pada bulan Ramadhan.

Bila anda sedang tidak dapat menjalankan ibadah sholat tarawih berjamaah, maka anda tetap dapat melakukan sholat tarawih sendiri di rumah. Yang membedakan antara sholat tarawih berjamaah dan sendiri adalah pada niat yang diucapkan.

Sementara saat dilansir oleh RRI dari beberapa sumber pada Rabu (22/04/2020) sholat tarawih di rumah cukup dilakukan sebanyak 11 rakaat, terdiri atas 8 rakaat salat tarawih dan 3 rakaat salat witir. Idealnya salat tarawih dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Jadi bila anda ingin melakukan sholat tarawih 8 rakaat maka sholat yang harus dilakukan adalah sholat 2 rakaat sebanyak 4 kali dengan salam ditiap 2 rakaatnya.

Setelah melakukan 8 rakaat sholat tarawih maka anda dapat melakukan sholat witir  3 rakaat. Sholat witir dapat dilakukan langsung 3 rakaat dengan sekali salam atau 2 rakaat lalu salam dilanjutkan dengan 1 rakaat lagi.

Meski begitu, ada juga yang melakukan salat tarawih dengan 4 rakaat sekali salam. Dalil untuk jumlah rakaat ini berasal dari perkataan Aisyah radhiyallahu 'anha.

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaksanakan salat 4 rakaat, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya. Kemudian beliau melaksanakan salat 4 rakaat lagi, maka janganlah tanyakan mengenai bagus dan panjang rakaatnya."

Pernyataan ini memiliki kemungkinan 4 rakaat dilakukan sekaligus dengan 1 salam atau bisa juga 4 rakaat yang dilaksanakan dengan 2 rakaat sebanyak 2 kali. Meski begitu, menurut Imam Syafii, penafsiran pertama termasuk zhahir atau umum.

Tetapi Rasulullah SAW sudah memberikan pernyataan langsung mengenai salat malam. "Salat malam adalah dua rakaat dua rakaat.

Dikarenakan salat tarawih termasuk ibadah salat malam yang diperkuat dengan hadits qauliy atau hadits berdasarkan perkataan Nabi, maka penafsiran salat tarawih 4 rakaat yang dikerjakan 2 rakaat 2 rakaat lebih kuat dasar hukumnya. Lebih dari 80 kitab Mu'tabar dari berbagai cabang ilmu telah menyatakan bahwa salat tarawih yang dikerjakan dengan 4 rakaat 1 salam itu tidak sah.

Sementara untuk tata cara solatnya pun berbeda yakni tidak dapat melakukan sholat tarawih secara berjamaah, lantas bukan berarti anda dapat meninggalkan sholat tarawih begitu saja. Sholat tarawih juga dapat dilakukan sendiri dirumah. Tata cara sholat tarawih sendiri maupun berjamaah sama seperti tata cara membedakan adalah pada niat dan jumlah rakaatnya. Tata cara sholat tarawih sendiri perlu anda perhatikan jika anda ingin sholat tarawih sendiri.

Berikut tata cara sholat tarawih sendiri yang sudah kami rangkum dari beberapa sumber yang dapat anda lakukan dirumah agar berkah di Bulan Ramadhan nanti semakin lengkap anda dapatkan.

Niat Sholat Tarawih Sendiri

Tata cara sholat tarawih sendiri yang pertama adalah membaca niat seperti berikut :

"Usholli sunnatat-taroowiihii rok'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alaa."

Artinya : "Saya niat salat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala."

Setelah niat, maka anda dapat melakukan sholat sunnah tarawih seperti sholat pada umumnya. Jangan lupa dengan ketentuan jumlah rakaat seperti yang dijelaskan tadi.

Sholat Witir

Tata cara sholat tarawih sendiri selanjutnya. Setelah sholat tarawih selesai, ibadah selanjutnya adalah sholat witir. Sholat witir dapat dilakukan 3 rakaat 1 kali salam. Namun ada pula yang hanya melakukan 1 rakaat sholat witir.

Niat salat witir 3 rakaat 1 kali salam

"Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aatin mustaqbilal qiblati lillaahi ta'alaa."

Artinya : "Saya berniat salat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah ta'alaa".

Niat sholat witir 1 rakaat salam

Sholat witir juga dapat dilakukan 1 rakaat. Bagi Anda yang ingin mengerjakan sholat witir dengan 1 rakaat saja, berikut ini bacaan niat sholat yang bisa Anda hafalkan.

"Ushallii sunnatal witri rok 'atan mustaqbilal qiblati adaa'an (ma'muman / imaman) lillaahi ta'alaa."

Artinya:

"Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat menjadi (ma'muman / imaman) karena Allah ta'alaa.

Demikian tata cara sholat tarawih sendiri dirumah. Dengan demikian taka da alasan lagi anda harus meninggalkan sholat tarawih. Anda dapat melakukaknnya sendiri dirumah jika anda tidak dapat mengikuti sholat tarawih berjamaah.
SUMBER http://rri.co.id