Highlight

BERPIKIR MENUNJUKKAN KITA ADA



Seorang filsuf Yunani Descartes dalam ungkapannya *Cogito Ergesum* yang artinya Aku Berpikir Maka Aku ada.Ungkapan tersebut memang benar adanya bahwa keberadaan kita bukan didasarkan pada apa yang kita miliki tetapi berdasar atas pemikiran kita. Untuk itu kita akan dianggap ada manakala kita berpikir dan berpikir seorang manusia ada pada hasil karyanya.

Setiap kita ingin diakui keberadaan kita karena pengakuan itu adalah sebuah penghargaan yang nilainya melebihi imbalan berupa materi yang kita terima.Karena dengan kita diakui berarti keberadaan kita ikut diperhitungkan ditempat tersebut sebaliknya ketika kita tidak diakui berarti bisa juga kita dianggap tidak ada. Tapi tentunya tidak begitu saja orang lain bisa memberikan kita pengakuan karena harus ada syarat untuk kita bisa diakui.

Berpijak dari ungkatan Descartes maka agar kita bisa diakui maka senantiasa berpikirlah.Tapi kita akan bertanya-tanya berpikir itu wujud atau bentuknya seperti apa dan inilah yang perlu menjadi perhatian kita.Terkait dengan berpikir maka yang bisa dijadikan pengakuan adalah hasil dari proses berpikir kita kalau kita seorang karyawan maka hasil berpikir kita adalah kinerja atau performance kita.Untuk itu agar kita mampu diakui ditempat kerja maka tunjukkanlah performance terbaik kita karena performance itu tidak dilihat dari ijiazah ataupun sejumlah sertifikat yang kita miliki tapi hasil kerja kita yang nyata.

Tunjukkan performance maksimalmu
Lewat berpikir setiap waktu
Tak pernah mengenal keluh kesah selalu
Hanya berniat menghasilkan kinerja yg lebih bermutu.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi