Highlight

INGIN LANCAR DALAM KEHIDUPAN HILANGKAN KESEDIHAN DAN KETAKUTAN


Kesedihan dan ketakutan adalah suatu rasa yang tidak mengenakkan dan akan membuat kita untuk enggan melakukan sesuatu dan inilah yang sering menghambat ketika kita hendak beraktivitas. Orang yang bersedih maka mereka akan larut dalam kesedihannya pikirannyapun menjadi tidak bisa jernih yang ada hanyalah perasaan bersalah ataupun keinginan untuk menangis. Kesedihan yang mendalam akan membuat semangat menjadi mudah terbenam.  Sehingga agamapun mengingatkan kepada kita untuk bersedih seperlunyan dan bahagialah selamanya. Karena sebenarnya tiada guna bersedih hati kesedihan hanya akan mengantarkan kita pada penderitaan dan kondisi yang semakin tidak meyakinkan.
Kondisi yang hampir sama dengan kesedihan adalah ketakutan, bahasa psikologis dari takut adalah phobia yang artinya rasa takut pada suatu hal atau fenomena berlebihan dan tentunya hal ini akan berdampak pada kondisi emosi seseorang. Seseorang yang mengalami ketakutan maka mereka akan cenderung menghindari apapun yang menyebabkan dia merasa ketakutan baik itu makhluk, benda, kejadian, tempat ataupun manusi sekalipun. Berbicara tentang ketakutan ini akan menyebabkan orang menjadi bulan-bulanan untuk menghindari apapun yang membuat mereka takut dan cenderung akan berpikir negatif .
Ketakutan dan kesedihan akan mengganggu kondisi fisik dan psikis kita, kedua kondisi ini terjadi manakala pertahanan diri dan pengelolaan emosi seseorang tidak bisa maksimal. Sehingga terkadang kondisi yang biasa aja mereka menyikapinya menjadi sesuatu yang luar biasa yang akhirnya menjadi bulan-bulanan. Jika hal ini terjadi sungguh sangat disayangkan karena perlu kita tahu bahwa apapun kondisi yang ada tak ada yang kekal selamanya.  Kita perlu memiliki kemampuan mengelola ketakutan dan kesedihan agar tidak menjadi sesuatu yang berlebihan dan mengarah pada kondisi psikis yang tidak normal.
Orang yang terus menerus dirundung ketakutan dan kesedihan maka jiwanya akan mudah lusuh dia bisa berubah arah yang semula semangat menjadi kehilangan semangat mau melakukan aktivitas apapun takut nanti efeknya seperti ini seperti itu dan akhirnya dia menjadi stagnan dan produktivitasnyapun menjadi menurun tajam. Jika kondisi ini terjadi dalam hidup kita sungguh sesuatu yang harus kita hindarkan. Terlebih kita punya Tuhan Yang telah mengatur segalanya biarkanlah apapun yang ada mengalir apa adanya tak perlu kita berlebihan untuk menyikapinya. Percayalah roda itu tak selamanya dibawah pasti ada kalanya berputar ke atas begitupun bumi ini yang setiap hari berputar pada orbitnya sehingga ada waktu pagi dan siang sore dan malam. Itupun sebenarnya gambaran kehidupan kita yakinlah bawa setiap kesedihan dan ketakutan akhirnya akan berganti kebahagiaan dan kemudahan.
Sedihlah kalau memang harus disikapi dengan sedih takutlah kalau memang harus disikapi dengan rasa takut. Tapi ingat kondisi tidak menyenangkan tak perlu dirasakan keterusan karena akan menjadi hambatan ketika kita berjalan dalam kehidupan. Rasa takut dan sedih tak akan mampu membuat pikiran jernih sebalikanya rasa bahagialah yang akan mampu membuat kita berpikir jernih disepanjang usia.
Oleh Nur Chasanah, S.Psi