Highlight

KESADARAN DIRI YANG RENDAH BEREFEK KESEHATAN MELEMAH



Ketika wabah corona mencuat dan menjadi isu utama perbincangan masyarakat dunia, maka pemerintahpun dari pusat maupun daerah terus menggembar-gemborkan himbauan, maklumat atau apapunlah namanya yang jelas isinya berupa ajakan untuk bersama-sama mengurangi dan menekan penyebaran virus yang memberikan dampak luar biasa terhadap kehidupan manusia sekarang ini.
Begitu keras dan intensifnya pemerintah menyerukan kepada masyarakat akan tetapi jika dalam diri masyarakat belum muncul adanya kesadaran diri maka seruan itu hanya sekedar seruan tak akan berujung pada suatu tindakan. Karena semua kembali kepada tingkat kesadaran masing-masing individu dalam memaknai bagaimana pentingnya memutus penyebaran corona serta pentingnya untuk senantiasa meningkatkan PHBS.
Amatlah disayangkan ketika disemua komunitas sudah mengkampayekan tentang tetap tinggal dirumah, himbauan untuk terus memakai masker ketika keluar rumah, membiasakan mencuci tangan ataupun himbauan lainnya yang bertujuan untuk memutus mata rantai corona tetapi tidak diimbangi dengan kesadaran diri atau dengan kata lain kesadaran diri masyarakat masih rendah semua himbauan itu tak akan pernah dilakukan.
Kesadaran diri (self awareness) adalah keadaan dimana seseorang bisa memahami dirinya sendiri dengan setepat-tepatnya. Seseorang disebut memiliki kesadaran diri jika ia memahami emosi dan mood yang sedang dirasakan, kritis terhadap informasi mengenai dirinya sendiri, dan sadar tentang dirinya yang nyata. Karena hanya dengan sadar diri inilah mampu untuk membantu pemerintah dalam menekan penyebaran virus.
Kesadaran diri adalah kunci sebuah perubahan didalam hidup seseorang. Setiap orang yang ingin berubah menjadi yang lebih baik pasti didasarkan dan keinginan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Perubahan yang tidak oleh dilandasi kesadaran untuk bertumbuh dan berubah akan membuat mereka lebih mudah berhenti berjuang di tengah jalan. Ternyata sungguh besar fungsi kesadaran diri.
Lantas bagaimanakah cara memunculkan kesadaran diri:
1.    Mengenali emosi dan perasaan-perasaan yang ada dalam diri
2.    Mengenali keinginan dan kemauan dalam diri
3.    Meningkatkan zikir dan pikir
Begitu besarnya manfaat kesadaran diri dalam mendukung himbauan pemerintah maka sudah semestinya mulai sekarang kita meningkatkan kesadaran dalam diri dengan senantiasa mengikuti anjuran pemerintah agar kita selamat dalam melangkah. Hanya dengan kesadaran diri yang kuat akan mampu membuat kesehatan meningkat sebaliknya kesadaran diri yang lemah akan membuat kesehatan rendah. Kesadaran diri adalah kunci sebuah perubahan didalam hidup seseorang. Setiap orang yang ingin berubah menjadi yang lebih baik pasti didasarkan dan keinginan untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Perubahan yang tidak oleh dilandasi kesadaran untuk bertumbuh dan berubah akan membuat mereka lebih mudah berhenti berjuang di tengah jalan.