Highlight

Sarana dan Prasarana Pelaksanaan CAT BKN Dinilai “Sangat Baik” pada SKM Tahun 2019

Badan Kepegawaian Negara (BKN) lakukan penilaian indeks kepuasan pada fasilitasi Computer Assisted Test (CAT) BKN di tahun 2019. Penilaian ini dilakukan sebagai tolak ukur keberhasilan kinerja Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen (PPSR) Aparatur Sipil Negara (ASN) BKN. Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2019, didapatkan unsur Sarana dan Prasarana untuk penyelenggaraan seleksi dengan CAT dinilai “Sangat Baik”. Sementara untuk unsur Waktu Penyelesaian Permohonan Seleksi mendapatkan nilai kepuasan “Baik”.

Pelaksanaan SKD CPNS TA 2019. Foto:doc humas
Diketahui selama tahun 2019 PPSR ASN BKN telah melaksanakan 3 kegiatan seleksi yang menggunakan CAT BKN, antara lain Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2018 (48 instansi), Seleksi Sekolah Kedinasan Ikatan Dinas (21 sekolah kedinasan dari 8 Kementerian/Lembaga) dan Seleksi Pengembangan Karier dan Seleksi Selain ASN (116 instansi). “Ke depan, PPSR ASN BKN akan terus berusaha memperbaiki sistem, agar proses penyelesaian permohonan seleksi yang diajukan oleh instansi bisa lebih cepat,” ungkap Kepala PPSR ASN BKN Heri Susilowati pada Rabu (22/04/2020) di ruang kerjanya.
Penilaian yang dilakukan sesuai dengan Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yakni diukur dengan menggunakan form kuesioner dengan indikator. Terdapat 9 unsur SKM yang dijadikan dasar penilaian, 8 di antaranya adalah penerapan tata tertib seleksi, pengoperasian aplikasi CAT, waktu ujian, transparansi nilai, kemampuan petugas, respon petugas, dan sarana prasarana. Sementara 1 unsur lainnya yaitu unsur biaya diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis Dan Tarif Atas Jenis PNBP yang Berlaku di BKN.

Kepala PPSR ASN BKN, Heri Susilowati. (foto: mia).
Lebih lanjut, survei dilakukan dengan menggunakan sampel peserta fasilitasi dengan CAT sebanyak 136 orang. Berdasarkan hasil survei didapatkan bahwa secara keseluruhan Indeks Kepuasan peserta seleksi dengan menggunakan CAT BKN dinilai “Baik” dengan rata-rata IKM sebesar 87.21. Penilaian tertinggi untuk unsur sarana dan prasarana yang digunakan untuk penyelenggaraan seleksi dengan CAT dinilai “Sangat Baik”.
Selain itu survei juga dilakukan kepada peserta seleksi terhadap instansi yang mengajukan permohonan seleksi dengan menggunakan CAT BKN. Dengan jumlah instansi yang dijadikan responden sebanyak 39, didapatkan hasil nilai rata-rata IKM sebesar 90.94, dengan kategori “Sangat Baik”. Dari 9 unsur yang dinilai, 8 unsur penilaian mendapatkan nilai kepuasan “Sangat Baik”. Sementara 1 unsur penilaian mendapatkan nilai kepuasan “Baik”, yaitu untuk unsur Waktu Penyelesaian Permohonan Seleksi.
Untuk mendapatkan hasil konkret, survei juga dilakukan kepada unit kerja di lingkungan BKN Pusat dengan jumlah responden yang berpartisipasi sebanyak 59 orang. Responden ini berasal dari 7unit kerja di lingkungan BKN Pusat. Hasilnya dari 6 unsur yang dijadikan penilaian, masing-masing unsur mendapatkan nilai dengan kategori “Baik” dengan rata-rata IKM sebesar 80.48.
sumber bkn.go.id