Highlight

Tips Aman dari COVID-19 Saat Pesan Makanan Online

Imbauan ketat berada di rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena pandemi COVID-19 membuat kegiatan memasak menjadi agak sulit dilakukan. Sebab harus berbelanja dan sebagainya.
Agar praktis, memesan makanan dari restoran melalui layanan pesan antar online menjadi solusi. Namun tentu harus tetap waspada, sehingga tetap aman dari paparan virus.
Untuk itu, dikutip dari alodokter.com, berikut hal yang harus diperhatikan sewaktu membeli makanan dengan menggunakan kurir selama pandemi covid-19.
1. Bayarlah tanpa uang tunai (cashless)
Usahakan tidak membayar makanan dengan uang tunai atau kartu debit maupun kredit saat Anda memesan makanan melalui layanan pesan antar. Anda bisa melakukan metode pembayaran dengan dompet digital yang tersedia di aplikasi atau transfer uang secara online ke nomor rekening yang telah ditentukan oleh penjual.
2. Terapkan physical distancing
Mintalah kurir untuk meninggalkan makanan yang pesan di depan pintu atau menggantungkannya di pagar rumah (contactless delivery). Hal ini dilakukan sebagai bentuk physical distancing dan untuk meminimalkan kontak fisik dengan kurir.
3. Kenakan masker saat berinteraksi dengan kurir
Jika tidak dapat membayar pesanan dengan dompet digital atau harus membayar pesanan secara langsung dengan uang, kenakanlah masker kain saat Anda bertransaksi dengan kurir dan segera cuci tangan setelahnya.
4. Cuci tangan sebelum dan setelah mengambil makanan
Sebelum mengambil makanan, cucilah tangan Anda dengan air mengalir dan sabun selama minimal 20 detik atau menggunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 persen.
Setelah mengambil makanan, jangan lupa untuk mencuci tangan kembali guna menghilangkan kotoran atau virus yang mungkin masih menempel di tangan.
5. Buang kemasan makanan
Setelah makanan Anda terima, segera buang plastik yang digunakan untuk membungkus makanan tersebut. Setelah itu, cuci tangan kembali dengan air mengalir dan sabun atau gunakan hand sanitizer.
6. Pindahkan makanan
Segera pindahkan makanan ke wadah lain sebelum disantap. Jika memungkinkan, Anda bisa memanaskan kembali makanan yang telah dipesan. Hal ini penting dilakukan untuk mematikan virus COVID-19 yang mungkin menempel di makanan, sekaligus membuat makanan tetap nikmat.
Jika Anda memesan sayuran atau buah-buahan mentah, cucilah dulu dengan air mengalir dan sabun khusus untuk sayur dan buah sebelum dipindahkan ke wadah yang telah disiapkan. Untuk makanan beku atau bahan makanan mentah, seperti daging dan ikan, gunakanlah wadah terpisah untuk menyimpannya di freezer.
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mencuci tangan merupakan langkah penting dalam mencegah penularan COVID-19. Cucilah tangan Anda sebelum mempersiapkan dan menyantap makanan.
SUMBER rri.co.id