Highlight

Transaksi Jual Beli Dinihari Pasar Bintoro Lalu-Lintas Ditutup

DEMAK – Ada pemandangan berbeda didepan pasar bintoro setiap paginya, mulai dari pukul 24.00 wib hingga 06.00 wib. Sebab jalur utama tengah kota yang biasanya untuk lalu lalang kendaraan kini terlihat pemandangan transaksi jual beli kebutuhan pokok antara penjual dan pembeli. Mereka adalah pedagang pasar yang sengaja ditempatkan kan ditengah jalan untuk pelaksanaan physical distancing.
Penempatan dan pengaturan jarak tersebut Berdasar Surat Edaran Bupati Demak No. 440.1/9 Th. 2020 tentang Penataan dan Pembatasan kegiatan perdagangan dikawasan Pasar Bintoro Demak. Serta mengantisipasi penyebaran dan penularan Covid-19 diwilayah kabupaten Demak. Untuk memberikan ruang transaksi tersebut setiap dini hari dilakukan penutupan dan pengalihan arus lalulintas di Demak kota oleh Satlantas Polres Demak.
Agus petugas satpol PP yang turut menjaga lokasi Rabu (29/4) mengatan, “ruas jalan yang digunakan untuk berdagang mulai dari perempatan kodim 0716 hingga jembatan kracaan. Mereka biasanya melakukan bongkar muat dagangan dan berjualan tidak teratur. para pedagang tersebut berada diluar los pasar baik yang ada dibawah maupun di atas” jelasnya.
Terpisah, kepala Dinas Kominfo Endah Cahyarini menyampaikan, ” Mereka kan biasanya berjualan di depan pasar bintoro setiap pagi hari dan sampai jam 06.00 mereka diminta masuk ke dalam pasar bintoro. Jadi lapak dagangan yang digelar itu hanya bersifat sementara. Kemudian setelah pedagang masuk kembali ke pasar, lalulintas pun dibuka kembali seperti biasa. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi berkala oleh pemkab”, tukas Endah.
Selanjutnya pihak kepolisian dalam hal ini Satlantas Polres Demak menyediakan kantung parkir bagi pengunjung serta menyiapkan rekayasa lalulintas. Untuk lokasi parkir bagi para pengunjung pasar telah disiapkan kantong parkir di jalur Pecinan, Jl. Pemuda, dan Jl. Sampangan
Adapun penutupan setiap harinya akan di lakukan mulai pukul 00.00 wib hingga 06.00 wib.
Sedangkan Filter Akses Lalu Lintas ke dalam Kota Demak mulai di titik Depan SMP N 1 Demak dan Traffict light Jebor di tutup total. Kemudian jembatan Kracakan hingga jembatan Kalijajar juga tertutup, termasuk akses Jalan menuju ke Jl. Pemuda, Jl. Kyai Singkil, Jl. Sampangan.