Highlight

96 % Hasil Rapid Test di Jakarta Negatif COVID-19

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Fify Mulyani menyebut jika sebanyak 76.864 orang atau 96 % dari warga DKI Jakarta yang mengikuti tes cepat (rapid test) memiliki hasil negatif virus corona (COVID-19).
"Total sebanyak 79.914 orang telah menjalani rapid test, dengan persentase positif COVID-19 sebesar 4 persen, dengan rincian 3.050 orang dinyatakan positif COVID-19 dan 76.864 orang dinyatakan negatif," kata Fify dalam keterangan tertulisnya, dilansir Antara Minggu (3/5/2020).
Warga yang menjalani rapid test di DKI Jakarta merupakan warga yang memiliki potensi terpapar karena pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif COVID-19, warga memiliki gejala-gejala dari COVID-19, hingga kasus khusus seperti Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang akan dirujuk ke panti sosial. 
Dari empat persen yang dinyatakan positif melalui 'rapid test' nantinya warga tersebut harus melakukan pemeriksaan lanjutan melalui 'swab test' atau pengambilan cairan tenggorokan untuk memastikan apakah terinfeksi virus corona atau tidak.
Hingga saat ini, pemeriksaan COVID-19 melalui metode rapid test ini masih terus dilakukan oleh pihak Pemprov DKI Jakarta di lima wilayah kota dan kabupaten. 
Fify menyebut jika Dinas Kesehatan DKI Jakarta turut menyediakan layanan konsultasi kejiwaan bagi masyarakat yang terdampak COVID-19 khususnya bagi pasien-pasien ODP, PDP, maupun yang menjalani isolasi mandiri. 
Layanan tersebut dapat diakses secara daring melalui situs https://sahabatjiwa-dinkes.jakarta.go.id yang merupakan program yang sudah dijalankan Dinas Kesehatan DKI Jakarta dengan nama Sahabat Jiwa.
Hingga saat ini, Minggu (3/5) tercatat sebanyak 4.417 orang positif COVID-19 di Ibu Kota Jakarta, dengan jumlah korban meninggal mencapai 410 jiwa. Selain itu 621 orang telah dinyatakan sembuh dan 2.062 orang sedang di rawat intensif di rumah sakit. 
Selain itu 1.324 orang kini sedang menjalani isolasi mandiri, dan sebanyak 1.359 orang sedang menunggu hasil laboratorium.
sumber rri.co.id