Highlight

Langkah Perbaikan untuk Selaraskan Kualitas Layanan Publik dengan Harapan Masyarakat



Evaluasi pelayanan publik diharapkan mampu menyelaraskan kualitas pelayanan publik dengan tingginya ekspektasi masyarakat sebagai penerima layanan. Untuk itu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tidak henti-hentinya memberikan pendampingan maupun bimbingan teknis bagi unit pelayanan publik di pusat maupun daerah.
Di tahun 2020, Kementerian PANRB sebagai institusi pembina pelayanan publik melakukan tambahan lokus evaluasi khususnya di wilayah I. Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan bimbingan teknis bagi lokus baru ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi unit pelayanan publik untuk mendapatkan feedback atas kinerja terbaiknya dalam pelayanan publik.
“Saya berharap bimtek ini bisa menjadi bekal berharga bagi Bapak/Ibu untuk kegiatan evaluasi pelayanan publik kedepannya,” ujar Diah saat memberikan arahan dalam video conference Bimbingan Teknis Kebijakan Umum dan Pengisian F01 Evaluasi Pelayanan Publik di Lokus Baru Wilayah I Tahun 2020, Kamis (30/04).
Beberapa daerah yang akan menjadi lokus evaluasi baru tahun 2020 pada wilayah I bertambah lagi yakni dari Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Seluma, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Belitung, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten Lingga.

20200430 Bimtek Kebijakan Umum dan Pengisian F01 Lokus Baru Wilayah I 2020 2

Pada kesempatan tersebut, Diah juga tidak lupa mengingatkan unit pelayanan publik untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, meskipun saat ini harus mengalami perubahan sistem kerja dan sistem pemberian layanan sebagai akibat dari meluasnya pandemi Covid-19. Ia juga berharap kegiatan bimbingan teknis yang dalam beberapa waktu belakangan ini harus dilakukan secara virtual, tidak mengurangi semangat dan komitmen unit pelayanan publik untuk terus melakukan perbaikan kualitas pelayanan publik di daerahnya masing-masing.
Bagi lokus evaluasi baru yang pertama kali akan dievaluasi tahun ini, Diah menyampaikan motivasi dan semangat lewat pantun singkat. “Jalan jalan ke Seluma, jangan lupa berwisata. Lakukan pekerjaan dengan cinta, hadapi kesulitan dengan berdoa,” ujarnya sambil menutup arahan dalam bimtek virtual yang dihadiri oleh kepala biro organisasi, kepala bagian organisasi, serta pimpinan unit pelayanan publik dari wilayah lokus evaluasi baru.
Perlu diketahui, evaluasi pelayanan publik dilakukan secara berkelanjutan sejak tahun 2015 dengan instrumen evaluasi yang terus menerus disempurnakan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi. Salah satunya melalui pengisian Formulir 01 sebagai salah satu instrumen evaluasi penilaian mandiri yang diisi oleh unit penyelenggara pelayanan publik atau UPP yang dievaluasi.
Formulir ini nantinya akan dijadikan acuan bagi Tim Evaluator untuk memberikan evaluasi dan langkah pembinaan terhadap kinerja penyelenggara pelayanan publik. Pengisian tersebut dilakukan secara daring melalui situs sipp.menpan.go.id.