Langkah Perbaikan untuk Selaraskan Kualitas Layanan Publik dengan Harapan Masyarakat
Evaluasi pelayanan publik diharapkan mampu menyelaraskan kualitas pelayanan publik dengan tingginya ekspektasi masyarakat sebagai penerima layanan. Untuk itu Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tidak henti-hentinya memberikan pendampingan maupun bimbingan teknis bagi unit pelayanan publik di pusat maupun daerah.
Di tahun
2020, Kementerian PANRB sebagai institusi pembina pelayanan publik
melakukan tambahan lokus evaluasi khususnya di wilayah I. Deputi bidang
Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan bimbingan
teknis bagi lokus baru ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi
unit pelayanan publik untuk mendapatkan feedback atas kinerja terbaiknya dalam pelayanan publik.
“Saya
berharap bimtek ini bisa menjadi bekal berharga bagi Bapak/Ibu untuk
kegiatan evaluasi pelayanan publik kedepannya,” ujar Diah saat
memberikan arahan dalam video conference Bimbingan Teknis Kebijakan Umum dan Pengisian F01 Evaluasi Pelayanan Publik di Lokus Baru Wilayah I Tahun 2020, Kamis (30/04).
Beberapa
daerah yang akan menjadi lokus evaluasi baru tahun 2020 pada wilayah I
bertambah lagi yakni dari Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Seluma,
Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tapanuli
Utara, Kabupaten Toba Samosir, Kabupaten Belitung, Kabupaten Lahat, dan
Kabupaten Lingga.
Pada
kesempatan tersebut, Diah juga tidak lupa mengingatkan unit pelayanan
publik untuk tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,
meskipun saat ini harus mengalami perubahan sistem kerja dan sistem
pemberian layanan sebagai akibat dari meluasnya pandemi Covid-19. Ia
juga berharap kegiatan bimbingan teknis yang dalam beberapa waktu
belakangan ini harus dilakukan secara virtual, tidak mengurangi semangat
dan komitmen unit pelayanan publik untuk terus melakukan perbaikan
kualitas pelayanan publik di daerahnya masing-masing.
Bagi
lokus evaluasi baru yang pertama kali akan dievaluasi tahun ini, Diah
menyampaikan motivasi dan semangat lewat pantun singkat. “Jalan jalan ke
Seluma, jangan lupa berwisata. Lakukan pekerjaan dengan cinta, hadapi
kesulitan dengan berdoa,” ujarnya sambil menutup arahan dalam bimtek
virtual yang dihadiri oleh kepala biro organisasi, kepala bagian
organisasi, serta pimpinan unit pelayanan publik dari wilayah lokus
evaluasi baru.
Perlu
diketahui, evaluasi pelayanan publik dilakukan secara berkelanjutan
sejak tahun 2015 dengan instrumen evaluasi yang terus menerus
disempurnakan sesuai dengan kemajuan teknologi informasi. Salah satunya
melalui pengisian Formulir 01 sebagai salah satu instrumen evaluasi
penilaian mandiri yang diisi oleh unit penyelenggara pelayanan publik
atau UPP yang dievaluasi.
Formulir
ini nantinya akan dijadikan acuan bagi Tim Evaluator untuk memberikan
evaluasi dan langkah pembinaan terhadap kinerja penyelenggara pelayanan
publik. Pengisian tersebut dilakukan secara daring melalui situs
sipp.menpan.go.id.