Highlight

LIHAT LINGKUNGAN SEKITAR AGAR KAU MENJADI LEBIH SADAR



Allah menganugerahkan alam semesta yang begitu luas membentang dengan segala isinya yang begitu indah. Kita sebagai hamba bebas untuk menggunakannya sungguh nikmat yang tak tertukar dengan apapun juga. Tapi terkadang kita sering lupa denga hal tersebut karena kita mengungkung diri dalam kesempitan pikiran yang telah kita buat, yang pada akhirnya kita tak mampu mensyukuri karuniaNYA dan hanya menggerutu atas apa yang kita terima.
Kondisi demikian seharusnya bisa kita hindari dengan banyak melihat lingkungan sekitar dan memperlebar pikiran kita. Kondisi kita terhimpit, susah, tidak menyenangkan itu sebenarnya adalah hasil dari persepsi diri sendiri. Ketika kita mampu menerima dan menikmatinya dengan hati yang leluasa maka hal yang demikian sebenarnya tidak akan pernah terjadi pada kehidupan kita karena apapun yang terjadi sebenarnya tergantung pada cara kita dalam bersikap.
Mulai sekarang jika kau akan mengeluh atau menyalahkan kondisi lihatlah lingkungan sekitarmu bahwa disana lebih banyak saudara-saudara kita yang memiliki kondisi jauh dibawah kita. Buka hati dan pikiran untuk senantiasa bersyukur atas apa yang kita terima lihatlah keatas dan kebawah, ketika kita melihat keatas maka akan menjadikan kita terhindar dari kesombongan dan ketika kita melihat kebawah maka kita akan diajarkan tentang pentingnya arti bersyukur.
Hidupmu tak perlu kau persulit, jikalau kau tak ingin lebih sakit. Bukalah pikiranmu lebar-lebar sembari mensyukuri nikmat Tuhan yang telah tersebar. Hidup ini terlalu indah maka kita harus senantiasa mensyukurinya disetiap langkah. Ingat saudaraku bahagia bukanlah pemberian tapi kita sendiri yang menciptakan
Oleh Nur Chasanah, S.Psi