Highlight

PANDEMI MEMBUAT KREATIVITAS TERUS BERSEMI



Pandemi yang melanda negeri tercinta tak terasa sudah memasuki bulan ketiga yang dimulai dari bulan maret. Pandemi meruntuhkan sendi-sendi kehidupan umat manusia terutama sektor perekonomian yang terkena dampak besar dari pandemic ini, tak sedikit perusahaan merumahkan bahkan mem PHK para karyawannya sehingga menambah pengangguran dinegeri ini. Sehingga pemerintah harus benar-benar membanting tulang memutar otak memikirkan masyarakat pengangguran tersebut.
Pandemi yang sekarang terjadi tak semuanya menimbulkan sisi negative bagi beberapa orang yang senantiasa menggunakan pikirannya untuk berpikir positif maka akan senantiasa menangkap peluang positif didalamnya.  Terutama bagi seorang crator pada umumnya,  dalam hal ini meliputi penulis, pencari berita, perusahaan konveksi kalau mereka cerdas dan mampu membaca peluang yang ada maka momen pandemic sekarang ini akan membuat mereka menjadi pemenang.
Tak perlu banyak mengeluh sehingga  menyalahkan Tuhan karena mengirimkan wabah yang belum tahu kapan berakhirnya, karena dengan mengeluh hanya akan membuat jiwa dan pikiran kita menjadi semakin keruh dan membuat kondisi fisik maupun psikis kita semakin terpuruk. Janganlah menjadikan kondisi diri semakin memburuk ditengah situasi yang sedang terpuruk, mending kita segera bangkit pasti ada celah untuk kita mampu berbuat lebih baik.
Baca peluang dari setiap kejadian yang datang, jika sekarang masa pandemi maka peluang yang bisa kita lakukan adalah mencari hal apa sajakan yang dibutuhkan lingkungan sekitar,misalnya sekarang ini masayarakat sedang banyak membutuhkan masker, APD, hand sanitizer maka kita kembangkan kreativitas kita untuk membuat benda-benda tersebut. Bagi beberapa orang yang otaknya gemas untuk segera menuliskan  apa yang terjadi maka pandemic ini akan memunculkan berjuta ide untuk menuliskan apapun tentang corona, karena corana ini banyak hal yang dapat digali dan menjadi tulisan yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
Bagi orang tua yang sekarang ini diharuskan untuk WFH dan anak-anak SFH, manfaatkan momen langkan ini yang mungkin hadir sekali seumur hidup. Bangun surga dalam keluarga dengan senantiasa menjadi objek lekat bagi anak-anak. Senantiasalah bangun komunikasi ringan dan lakukan  aktivitas-aktivitas yang menyenangkan, jadikan pandemic ini untuk senantiasa mengembangkan bakat dan kreativitas anak-anak. Coba fasilitasi yang menjadi keinginan mereka karena ini bisa menjadi jalan untuk mengantarkan anak-anak mengenal sekaligus mengasah kreativitas mereka.
Banyak hal yang dapat kita lakukan saat WFH maupun SFH ini misalkan memasak bersama, bermain bersama bahkan jika kita memiliki anak perempuan merias diri juga bisa diajarkan. Dimana semua itu dalam rangka untuk mngembangkan kreativitas, bisa juga diajak untuk menulis dan menggambar tentang corona, yang terpenting ciptakan suasana rumah yang menyenangkan sehingga anak tidak menjadi mudah bosan dengan terlalu lama dirumah. 
Senantiasalah tanamkan pada diri anak-anak kita bahwa pandemic ini adalah moment kita mengembangkan kreativitas, agar kelak ketika dewasa terukir indah dalam pikiran mereka  bagaimana saat SFH kreativitasnya berkembang dan menjadi hal yang berharga. Hal inipun menghindarkan anak agar tidak stres selama SFH. Corana mengajarkan untuk kita senantiasa berpikir out of the box keluar dari zona nyaman ke zona penuh tantangan agar kita mampu terus berjalan menapaki kehidupan.  Ini juga yang perlu kita tanamkan ke anak-anak sejak dini. Ajak mereka untuk senantiasa menyesuaikan dengan situasi yang ada untuk kita menjadi pribadi yang kuat.
Sungguh moment yang indah sekali, bila hari-hari biasa kita bekerja dikantor mengerjakan rutinitas maka dengan adanya corona menjadikan waktu kita bersama dengan keluarga menjadi lebih banyak. Waktu yang luang itu lagi-lagi jadikan peluang untuk kita senantiasa berkembang. Ambil hikmah disetiap musibah agar kita tak menjadi semakin lengah, ambil pelajaran dari setiap cobaan agar kehidupan terus berjalan.
oleh Nur Chasanah, S.Psi.